5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa, Badan Tetap Bugar tapi Nggak Pake Lemes!

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa, Badan Tetap Bugar tapi Nggak Pake Lemes!

Hampir semua umat muslim saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Selain membutuhkan kesiapan spiritual yang kuat, kebugaran fisik juga menjadi hal penting yang harus dijaga dengan baik. Bagaimana mungkin kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal kalau kondisi tubuh kita tidak sehat atau sedang tidak fit? Tentu susah bukan?  Maka dari itu, puasa jangan sampai dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan olahraga, ya

Sebab, baik puasa atau tidak, olahraga tetap menjadi aktivitas yang penting bagi tubuh kita agar tetap fit dan bugar. Namun perlu diingat, ketika puasa durasi dan porsi olehraga juga perlu diatur dengan baik. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kelelahan yang berdampak buruk pada aktivitas puasa dan tubuh kalian. Pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan bisa dilakukan ketika berpuasa sekalipun.

Berikut ini adalah lima jenis olahraga yang bisa kalian pilih ketika berpuasa di bulan Ramadan.

1. Yoga

Yoga kini menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan aktivitas ini tidak membutuhkan tempat yang luas, peralatan yang simpel, dan bisa dilakukan di rumah secara mandiri kapan aja.

Yoga juga tidak termasuk olahraga berat sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Kalian bisa melakukan yoga pada pagi, siang, atau sore menjelang berbuka puasa. Meskipun gerakan-gerakannya sederhana, yoga memiliki efek yang baik bagi kekuatan dan kelenturan otot serta mendapatkan ketenangan batin.

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ketika Berpuasa (Anlene)

2. Fitness

Melakukan fitness seperti angkat beban atau berkunjung ke tempat gym bisa jadi opsi olahraga menarik ketika bulan puasa. Latihan angkat beban atau treadmill merupakan pilihan aktivitas yang bisa kalian lakukan.

Tentu waktu terbaik melakukan fitness adalah sore menjelang berbuka, agar tubuh kalian bisa segera terhidrasi. Dengan melakukan fitness secara rutin akan membantu menguatkan otot-otot kalian dan membakar lemak dengan efektif.  

3. Bersepeda

Olahraga berikutnya yang bisa kalian lakukan ketika puasa adalah bersepeda. Namun, olahraga ini sering dihindari oleh banyak orang ketika berpuasa karena dianggap mudah menyebabkan lelah dan dahaga. Padahal dengan memahami cara bersepeda saat berpuasa hal itu bisa diminimalkan atau bahkan dihindari.

Kalian bisa menjaga kecepatan secara konstan dan bersepeda dengan rute yang tidak terlalu jauh. Selain sehat, bersepeda juga bisa jadi sarana refreshing atau melepas penat dengan berkeliling lingkungan sekitar rumah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"