5 Olahraga Favorit Para Presiden di Indonesia, dari Senam, Golf, Sampai Sepeda

5 Olahraga Favorit Para  Presiden di Indonesia, dari Senam, Golf,  Sampai Sepeda

Olahraga juga sering dilakukan para presiden di Indonesia. Ternyata olahraga presiden sama seperti masyarakat lainnya, tidak ada yang terlalu istimewa. Jika memiliki waktu luang atau saat akhir pekan, Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Joko Widodo sering berolahraga. Kira-kira olahraga apa yang mereka sering lakukan ya?

Senam

Presiden pertama Soekarno sebenarnya bukan tipikal orang yang hobi olahraga. Namun seiring berjalan waktu Soekarno sadar pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan. Soekarno dalam buku otobiografinya mengungkapkan jia ia sering melakukan olahraga yang cukup ringan seperti senam.

Soekarno melakukan senam di halaman kediamannya dengan panduan taruna dari Akademi Militer. Sayangnya Soekarno hanya empat bulan melakukan rutin senam. Pekerjaan dan agenda Soekarno yang semakin padat membuat dirinya mulai jarang melakukan senam lagi. 

5 Olahraga Favorit Para Presiden di Indonesia, dari Senam, Golf, Sampai Sepeda (The Global Review)

Golf

Soeharto senang melakukan olahraga golf. Olahraga yang terkenal dengan biaya mahal ini sering dilakukan di waktu senggang presiden yang 32 tahun menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bahkan sejumlah pejabat sekelas menteri pernah diajak Soeharto melakukan olahraga golf bersama.

Termasuk tamu negara yakni Perdana Menteri Jepang,Zenko Suzuki yang sempat mengunjungi Indonesia pada tahun 1981 silam. Soeharto mengajak Zenko untuk berolahraga main golf bersama-sama di Jakarta. Bahkan aktor Sylvester Stallone juga pernah main golf bareng Soeharto.

Berenang 

Giliran presiden ke-3 BJ Habibie yang hobi olahraga. Olahraga presiden, Habibie senang melakukan olahraga berenang. Di sela kesibukannya ia senang berenang. Selama satu jam setiap harinya, Habibie selalu menyempatkan diri untuk berenang. 

Berenang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, membakar kalori dan cocok dilakukan buat orang yang sedang menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncitnya yang mengganggu. Berenang juga dijadikan sebagai olahraga yang mendatangkan hiburan karena bisa dijalani bersama keluarga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"