5 Mitos Olahraga Ini Masih Banyak Dipercaya Padahal Salah dan Bisa Membahayakan, Cek Faktanya Yuk!

5 Mitos Olahraga Ini Masih Banyak Dipercaya Padahal Salah dan Bisa Membahayakan, Cek Faktanya Yuk!

Olahraga  terbukti berguna untuk menyehatkan tubuh. Tapi di balik itu, masih ada orang yang melakukan hal-hal yang kurang tepat karena informasi yang didapatkan masih salah. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mitos olahraga yang masih banyak dipercaya, padahal salah dan cenderung bisa membahayakan. Apa saja mitos olahraga itu? Scroll yuk!

1. Pagi Hari Adalah Waktu Terbaik Untuk Olahraga

Waktu olahraga terbaik adalah pagi hari merupakan salah satu mitos yang salah. Untuk berolahraga, kamu bisa melakukan kapan saja sesuai waktu kosongmu serta kesiapan tubuh. Tidak masalah kamu olahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja ataupun sore hari setelah pulang bekerja. Yang penting adalah konsisten berolahraga. 

Sebab, selama dilakukan rutin maka olahraga bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi jika kamu ingin olahraga di pagi hari, pastikan kamu sudah mengisi perut lebih dahulu sekitar 2 jam sebelum olahraga. Hal ini dilakukan ungtuk mencegah terjadinya nyeri perut saat olahraga. 

2. Olahraga Harus Dilakukan Setiap Hari

Foto: Olahraga (Halodoc)

Walaupun olahraga bisa membuat tubuh sehat, buka berarti kamu bisa terus menerus berolahraga tanpa memberikan waktu untuk tubuhmu beristirahat. Para ahli menganjurkan olahraga maksimal dilakukan lima hari dalam seminggu atau dengan total waktu olahraga 150 menit untuk intensitas sedang dan 75 menit untuk intensitas tinggi.

3. Wajib Konsumsi Minuman Isotonik Setelah Olahraga

Minuman isotonik dikonsumsi untuk menggantikan cairan, elektrolit, serta gula dalam tubuh secara cepat. Minuman ini biasanya ditujukan untuk para atlet atau yang berolahraga. Minuman isotonik bisa dengan cepat diserap oleh tubuh karena memiliki konsentrasi serta tekanan osmotik yang sama seperti cairan yang ada di dalam tubuh.

Walau begitu, bukan berarti kamu hanya boleh minum minuman isotonik setelah berolahraga. Karena kamu boleh meminum apapun. Namun para ahli lebih merekomendasikan minum air putih untuk memulihkan energi dan makanan kaya protein setelah berolahraga.

4. Tetap Terhidrasi Walau Tidak Haus



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"