5 Legenda Catur Terbaik di Dunia, Tiga Orang Asal Rusia

5 Legenda Catur Terbaik di Dunia, Tiga Orang Asal Rusia

Catur memang bukan olahraga populer di Indonesia. Namun banyak legenda catur dunia yang memiliki beragam prestasi selama berkarir sebagai pemain catur. Catur dalam tingkat dunia memiliki federasi tertinggi yang disebut sebagai International Chess Federation atau FIDE. FIDE memiliki peran penting dalam mengatur pertandingan catur kelas dunia hingga memunculkan para pecatur yang kini jadi legenda.

Jika di dunia ada FIDE, Indonesia pun memiliki wadah atau organisasi catur yakni PERCASI atau Persatuan Catur Seluruh Indonesia. Catur masuk sebagai olahraga karena menuntut fisik yang bugar dan prima, menuntut ketrampilan bagi yang memainkannya, memiliki aturan serta etika, dan masuk dalam permainan kompetitif yang menggunakan otak.

Biasanya pemain catur yang hebat dan terkenal disebut Grandmaster.Banyak juara catur dunia yang berasal dari Rusia lho. Kenapa banyak orang Rusia jago bermain catur? Kabarnya Rusia tidak memiliki industri hiburan yang kuat dan karena cuaca yang dingin membuat banyak masyarakat di Rusia yang memilih berdiam diri di rumah, salah satu yang dilakukan di rumah adalah bermain catur. Berikut 5 legenda catur dunia.

Legenda Catur Dunia (Serikatnews.com)

Magnus Carlsen

Pria asal Norwegia ini masuk dalam legenda catur dunia meskipun masih berusia 32 tahun tetapi sudah memiliki prestasi dalam bidang olahraga catur. Bayangkan saja Carlsen sudah memenangkan turnamen catur sejak usianya masih 13 tahun. Ketika usianya 19 tahun, Carlsen mendapatkan peringkat teratas FIDE sebagai pecatur muda yang sukses. Kecerdasan Carlsen mencapai IQ 190.

Vladimir Kramnik

Vladimir Kramnik adalah pecatur asal Rusia. Selama bertanding catur, ia dianggap memiliki kemampuan dalam memprediksi gerakan lawan sehingga membuat lawannya kalah dalam pertandingan catur. Selama berkarir sebagai pecatur ia pernah menjalani 80 pertandingan secara terus-menerus tanpa mengantongi sekali kekalahan. Saat ini ia sudah pensiun namun dianggap legenda catur.

Garry Kasparov

Teman satu negara dengan Kramnik adalah Garry Kasparov. Kasparov berpaspor Rusia dan dikenal sebagai pecatur yang tangguh. Uniknya Kasparov pernah berselisih dengan FIDE hingga memutuskan untuk mendirikan organisasi catur versi dirinya yang mengatur para pecatur profesional dunia. Namun akhirnya organisasi itu hanya bertahan selama tiga tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"