5 Klub Bola yang Punya Fans Terbanyak di Dunia

5 Klub Bola yang Punya Fans Terbanyak di Dunia

Ada lima klub sepak bola di dunia yang memiliki fans paling banyak di dunia. Jumlah penggemar mereka mencapai puluhan juta orang. Fans-fans itu tersebar di kawasan Asia, Amerika, Australia, Afrika, dan Eropa tentunya. Jumlah penggemar yang banyak mempengaruhi keuangan klub karena mendapatkan tambahan pemasukan.

Setiap tahunnya lima klub ini sering mengadakan pertandingan uji coba di negara-negara dimana fans mereka banyak yang tinggal. Misalnya Amerika Serikat, Australia, hingga negara-negara Asia seperti Jepang dan Korea Selatan. Klub mana saja yang punya fans paling banyak di dunia?

Manchester United

Klub Manchester United (MU) tercatat menjadi klub bola paling digemari di seluruh dunia. Jumlah pengikut di Instagram saja mencapai hampir 61 juta warganet. Itu belum termasuk penggemar yang tidak bermain sosial media. MU mulai digemari banyak orang di akhir tahun 1990-an ketika merebut treble winners dengan pemain kuncinya David Beckham.

Untuk mengunjungi para fans, manajemen MU sering mengunjungi negara seperti Amerika Serikat, Thailand, hingga Australia untuk berinteraksi dengan penggemar mereka. MU biasanya melakukan pertandingan ekspedisi melawan klub lokal di negara tersebut. Sayangnya MU belum pernah datang ke Indonesia.

Klub Bola yang Punya Fans Terbanyak di Dunia (Bola.com)

Real Madrid

Real Madrid ada di urutan nomor dua klub sepak bola yang punya penggemar terbanyak di dunia. Klub asal Spanyol ini memang menjadi klub tersukses di Eropa karena sudah menjadi juara Liga Champions sebanyak 14 kali. Real Madrid juga mengoleksi gelar Liga Spanyol dalam jumlah banyak.

Real Madrid kerap mendatangi Amerika Serikat setiap jelang musim kompetisi baru agar lebih dekat dengan penggemarnya yang cukup banyak di negeri Paman Sam. Jumlah fans Real Madrid di Indonesia memang tidak sebanyak fans MU. Mungkin ini jadi penyebab Real Madrid belum pernah datang ke Indonesia.

Barcelona

Barcelona menjadi klub ketiga dengan fans terbanyak di dunia. Barcelona berada di bawah Real Madrid pesaing abadinya. Banyak orang menyukai Barcelona dimulai ketika Lionel Messi, Xavi, dan Ronaldinho bermain bersama di pertengahan tahun 2000-an. Meski Messi, Xavi, dan Ronaldindo tak lagi bermain di Barcelona, klub asal Catalan ini tetap punya penggemar banyak di dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"