10 Manfaat Jalan Kaki 15 Menit Sehari, Bagus Buat Otak

10 Manfaat Jalan Kaki 15 Menit Sehari, Bagus Buat Otak

Apakah kamu sobat mager? Lebih baik bercengkerama dengan kasur daripada olahraga?

Yak, simaklah manfaat jalan kaki berikut ini. Cuma 15 menit aja sehari kok. Sisakan dari waktumu yang berjam-jam itu buat lihat media sosial.

1. Jadi lebih kreatif

Manfaat jalan kaki jadi lebih kreatif (scholarship-forum.com)

Berjalan selama 15 menit bisa meningkatkan kreativitasmu loh. Studi Universitas Stanford menemukan bahwa berjalan dapat meningkatkan hasil kreatif hingga 60 persen. Hasil yang sama ditemukan untuk latihan di dalam dan luar ruangan. Tinggal pilih deh mau jalan kaki di mana.

2. Tidak berbahaya bagi pengidap asma

American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan berjalan, bersama dengan berenang, bermain golf dan bersepeda santai, bisa dilakukan oleh penderita asma.

Agar tidak mengganggu pernafasan, lakukan di tempat dengan udara bersih dan intensitas sesuai dengan kemampuan.

3. Melancarkan metabolisme

Melancarkan metabolisme (nutritionhub.org)

Sindrom metabolik seperti peningkatan tekanan darah, kolesterol, gula darah tinggi, dan lemak di sekitar pinggang, adalah salah satu efek samping terburuk dari gaya hidup kita yang tidak bergerak.

Satu studi yang diterbitkan dalam Nigerian Medical Journal menemukan bahwa kemungkinan terjadinya sindrom metabolik menurun 29 persen hanya dengan berjalan lebih dari satu jam sehari.

Menurut Mayo Clinic, penelitian telah menunjukkan bahwa jalan cepat dapat meningkatkan umur Anda, lebih dari mereka yang memiliki kecepatan lebih lambat. Cari tahu seberapa sering Anda harus bangun dan berjalan jika Anda ingin hidup lebih lama.

5. Tidur lebih nyenyak

Para pengidap insomnia jangan cuma berdiam diri di rumah atau di kamar aja. Luagkan waktu buat jalan kaki di luar ruangan.

Menurut Sleep Foundation, para peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur, termasuk berjalan, tertidur lebih cepat, tidur lebih lama, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga keras atau mengangkat beban.

6. Lebih tenang dan damai



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"