Pada Usia Berapa Kita Memiliki Musisi Favorit? Penelitian Ini Punya Jawabannya

Pada Usia Berapa Kita Memiliki Musisi Favorit? Penelitian Ini Punya Jawabannya

Kapan sih seseorang menemukan musisi atau band favorit mereka? Dari yang awalnya cuma dengerin karena suka musiknya, sampai bilang 'wah ini band gue banget!.' Penasaran dengan hal itu, sebuah perusahaan bernama TickPick mengadakan sebuah penelitian.

Perusahaan platform penjualan tiket online tersebut mensurvei 1.010 orang tentang pengalaman mereka dengan musik. Termasuk di dalamnya 518 orang yang menjawab pertanyaan terkait masa kecil mereka.

Pada usia berapa ya seseorang memiliki musisi favorit (angieslist.com)

Mereka yang menghabiskan sebagian besar masa remajanya mencari musik baru atau mendengarkan album yang sama berulang kali mungkin tidak terkejut mengetahui bahwa sebagian besar penggemar band favorit pertama kali terjadi pada mereka di awal masa remaja.

Menurut penelitian, rata-rata peserta ingat kapan mereka pertama kali mendengarkan band favorit mereka sepanjang masa. Yakni saat responden berusia dalam usia 13 tahun. Penelitian ini juga melihat pengaruh luar yang membentuk selera musik seseorang sepanjang masa kecilnya. 

Hasilnya, teman adalah pengaruh utama bagi 66% responden, diikuti oleh radio (59%), film (52%), ayah (48%), ibu (45%), TV (44%) dan sumber lainnya. 

Pada usia berapa ya seseorang memiliki musisi favorit (grimygoods.com)

Data penelitian tidak menyebutkan usia responden secara keseluruhan. Meskipun menunjukkan bahwa 492 di antara mereka, merupakan orang tua yang senang berbagi informasi terkait pengalaman mendengarkan musik dengan anak-anak mereka. Sementara 518 responden lainnya merespons tentang masa kecil mereka sendiri.

Studi ini juga melihat bagaimana musik dan ikatan keluarga saling mempengaruhi, misalnya dengan 64% orang tua menyatakan bahwa mereka mencoba untuk mempengaruhi selera musik anak-anak mereka saat ini di rumah masing-masing.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"