Nggak Disangka, 5 Kota di Indonesia Ternyata Penghasil Musisi Jazz

Nggak Disangka, 5 Kota di Indonesia Ternyata Penghasil Musisi Jazz

Musik jazz  menjadi salah satu musik yang berkembang pesat di Indonsia saat ini. Jazz dulunya identik dengan orang tua. Tapi seiring perkembangan zaman, jazz menjadi musik yang diidolakan banyak anak muda seiring munculnya penyanyi jazz pendatang baru dengan image baru.

Tapi tahu nggak sih kalau beberapa kota di Indonesia ini menjadi daerah penghasil musisi jazz tanah air. Coba cek dulu, siapa tahu kota-kota tersebut merupakan asal kota kamu, jadi bisa mendapatkan inspirasi untuk mendalami musik jazz.

1.    Bandung

Bandung di Jawa Barat sejak dulu menjadi daerah yang menghasilkan banyak musisi keren Indonesia, termasuk jazz. Selain banyak musisi rock dan pop asal Bandung, ada juga seniman jazz asal kota kembang, salah satunya Gilang Ramadhan.

Gilang merupakan drummer yang beberapa kali membuat album kolaborasi dengan musisi jazz lainnya, misalnya dengan Indra Lesmana, Barry Likumahua,  dan Krakatau. Selain Gilang juga ada Dwiki Dharmawan, musisi dan produser jazz senior yang sudah banyak memproduksi banyak album jazz penyanyi di Indonesia.

Nggak Disangka, 5 Kota di Indonesia Ternyata Penghasil Musisi Jazz (Bisnis.com)

2.    Surabaya

Sama halnya dengan Bandung, Surabaya juga menjadi salah satu kota penghasil musisi di Indonesia. Sebut saja band Dewa 19 dan Padi Reborn. Untuk jazz, Surabaya tak mau kalah kok. Buktinya musisi Mus Mujiono lahir dari Surabaya. Ia merupakan salah satu musisi jazz senior di Indonesia.

3.    Bali

Semua sepakat jika Balawan menjadi salah satu musisi jazz yang memberikan warna baru dalam musik Indonesia. Permainan gitarnya yang memukai membuat Balawan disebut-sebut menjadi dewa gitar jazz Indonesia asal Bali.

Balawan bahkan memberikan nilai tambah dengan mencampurkan jazz dengan musik tradisional Bali. Ia sempat membuat proyek bersama gitaris-gitaris lainnya seperti Dewa Budjana dan Tohpati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"