Kamu Termasuk Punya IQ Tinggi Kalau Suka Genre Musik Ini

Kamu Termasuk Punya IQ Tinggi Kalau Suka Genre Musik Ini

Ternyata jenis musik favorit bisa menentukan tingkat kecerdasan seseorang. Jadi musik-musik genre tertentu lebih disukai oleh mereka yang punya IQ tinggi. Penyataan genre musik yang menggambarkan tingkat kecerdasan ini telah dibuktikan melalui serangkaian penelitian. BUkan hanya berdasarkan kata hati apalagi gosip semata. Bisa lah kamu percaya.

Genre musik dipengaruhi tingkat IQ (sessionville.com)

Dikutip dari Detik.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Behavioral Sciences menunjukkan bahwa, orang yang lebih menyukai musik instrumental cenderung lebih cerdas. Musik-musik yang gak ada liriknya gitu gengs. Jadi orang dengan IQ yang lebih rendah lebih menyukai musik denga lirik agar lebih mudah dipahami.

Gimana? Kalau kamu suka musik genre apa gengs? Apakah termasuk golongan yang punya IQ tinggi?

Lanjut nih, penelitian itu dilakukan oleh Elena Racevska dari Oxford Brookes University. Elena meneliti bagaimana preferensi musik bisa berpengaruh terhadap IQ tinggi. Hipotesisnya  individu yang lebih cerdas mencari lebih banyak pengalaman baru dibandingkan mereka yang kurang cerdas. Mereka yang menyukai musik karya Mozart dan Bach dinilai lebih cerdas daripada orang yang menyukai lagu karena liriknya.

Orang yang lebih cerdas suka musik instrumental (sessionville.com)

Memang ya, lagu klasik gak banyak didengarkan sama rakyat jelata. Sukanya dangdut dan KPOP kok.

Racevska meneliti 467 siswa sekolah menengah di Kroasia dan menemukan bahwa mereka yang memiliki skor lebih tinggi pada tes kecerdasan menyukai genre musik seperti jazz, klasik, big band, dan electronica. Jadi, mereka yang lebih suka instrumen tanpa lirik cenderung lebih cerdas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"