Apa Sih Hubungan antara Musik dan Suasana Hati?

Apa Sih Hubungan antara Musik dan Suasana Hati?

Apa sih hubungan antara musik dan suasana hati? Simak nih penjelasannya.

Kita bisa mendengarkan musik di mana aja dan kapan aja. Nah, dari sekian banyak lagu yang kalian dengarkan, apa kalian ngerasa bisa terbawa dan larut dengan suasana yang dibawakan lagu tersebut?

Iya, banyak yang bilang gitu gengs. Kita bisa jadi semangat kalo kita dengerin musik rock dan bisa sedih kalo kita dengerin musik yang sendu. Maka, apa musik yang mempengaruhi suasana hati kita? Atau malah suasana hati kita yang mempengaruhi efek dari musik yang kita dengar?

Kalian pasti dengerin musik kan? (shutterstock.com)

Pertanyaan di atas ternyata udah bisa dibuktikan lewat sebuah penelitian yang mengungkap bahwa ternyata ... musiklah yang mempengaruhi suasana hati seseorang. Jadi, ketika seseorang mendengarkan musik bernada gembira, maka itu akan ngaruh banget sama keadaan hati orang yang mendengarkannya.

Penelitian itu, seperti dikutip dari Kumparan, membedakan musik yang tersebar di media ke dalam dua jenis. Musik instrumental dan musik berlirik. Musik instrumental hanya memperdengarkan permainan alat musik yang dimainkan oleh musisi, mulai dari piano, gitar, biola, dan lain-lain. Sementara musik berlirik memiliki vokal dan arti dalam liriknya.

Dalam hal ini, musik berlirik lebih banyak disukai banyak orang karena dinyanyikan semua orang. Kalo musik instrumental cuma bisa dimainkan oleh orang yang bisa memainkan alat musik tersebut.

Musik jenis apa sih yang sering kalian dengerin? (genderamplified.org)

Elemen-elemen dalam musik seperti ketukan, tempo, arti lirik, abungan suara, volume, serta kejernihan suara adalah beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan hati seseorang. Makanya, kalo kalian dengerin musik jazz akan memberikan suasana tenang di tempat-tempat tertentu.

Penelitian lain tentang elemen musik menyebutkan ketika sebuah musik memiliki tempo cepat, volume suara yang tinggi, serta artikulasi legato dimainkan tanpa terputus bisa membuat emosi seseorang berubah menjadi marah.

Sebaliknya, kalo sebuah musik memiliki tempo yang cepat, volume suara tinggi, artikulasi stakato atau putus-putus, akan memicu kebahagiaan. Kalo musik bertempo pelan, volume suara rendah, artikulasinya legato berarti akan memicu kesedihan.

Suasana hati kalian emang bisa dipengaruhi jenis musik juga sih (lovetoknow.com)

Lain lagi kalo artikulasinya stakato, orang bisa takut ndengerin musik. Dari situ bisa dilihat, musik penyebab musik ngaruh banget kepada suasana hati seseorang. Sebabnya tentu dari alunan musik itu sendiri yang menjadi stimulus besar buat otak kita.

Makanya hal itu berpengaruh pada otak dalam aspek kognitif dan emosi seseorang.

Dalam segi emosi, mendengarkan musik bisa mempengaruhi sistem saraf manusia yang ada dalam otak. Bagian seperti amigdala dan korteks media orbitofrontal yang bekerja sama untuk memproses seseorang. Dengan begitu, nggak heran deh kalo kita dengerin musik, suasana hati kita ikut kerasa juga.

Ini nih beberapa contoh genre musik dan efek yang dihasilkan setelah mendengarkannya.

1. Blues

Ritme musik blues akan memperlambat detak jantung kita. Kita lebih tenang saat mendengar berbaurnya irama dari gitar dan drum yang ... pokoknya asik banget lah.

Genre musik yang kalian suka apa gengs? (pixabay.com)

2. Rock dan punk

Genre musik ini bikin adrenalin kita terpacu dan tentunya bikin semangat dongs. Tempo musik ini energik dan itulah yang membuat banyak orang jadi suka headbang. Semua itu karena adrenalinnya meningkat gengs.

3. Dance

Lagu bergenre dance bakal bikin kita merasa lebih semangat juga. Tempo yang ditawarkan dari lagu-lagu dance tuh cepat, tingkat energinya juga bikin kita berasa pengin goyang juga.

4. Reggae

Reggae kan terkenal banget nih, genre ini bakal bikin suasana hati kita meledak-ledak. Beberapa orang berpendapat bahwa reggae punya ritme musik yang menyehatkan jantung kita, apalagi kalo didengarkan pas lagi nyantai.

Kalian suka dengerin Reggae? Klasik? Hiphop? (baltimoresun.com)

5. Klasik

Kalo kalian pengin mood kalian naik, coba dengerin musik klasik deh. Banyak yang berpendapat kalo musik jenis ini bisa mempengaruhi kemampuan otak kita. Makanya sering disetel di sekolah atau di rumah sakit. Lagu klasik juga membuat kita atau anak-anak tidur lebih baik di malam hari.

6. Rap dah hiphop

Jenis musik yang satu ini bisa mengubah mood kita, tapi tergantung lirik lagu, tempo musik, dan keseluruhan pesan yang terkandung dalam lagunya. Banyak lagu rap yang membawa pesan tentang kemarahan, kritik tentang keangkuhan dan kekerasan. Tapi beberapa orang mengatakan bahwa rap juga bisa bikin rileks loh.

Dampak dari musik buat kehidupan kita tuh besar banget gengs (alecmomont.com)

7. Country

Beberapa orang menganggap musik country berhubungan dengan depresi dan kesendirian. Kalo dengerin musik ini juga tetep bergantung sama arti lirik yang dinyanyikan musisinya.

Pokoknya, musik akan berdampak baik pada suasana hati para pendengarnya. Musik positif untuk perasaan yang positif, begitu juga yang negatif ... untuk perasaan yang mungkin bikin nggak enak hati. Ya belom tentu begitu juga sih, ada banyak banget kemungkinannya.

Kalo kalian hobi dengerin musik apa nih?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"