7 Alat Musik Betawi Yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Lengkap Fungsi Dan Cara Memainkannya

7 Alat Musik Betawi Yang Mungkin Belum Kamu Tahu, Lengkap Fungsi Dan Cara Memainkannya

Jenis-jenis alat musik Betawi sangatlah beragam. Buat kamu yang mempelajari sejarah kota Jakarta, pasti paham bahwa kota ini merupakan pusat bertemunya berbagai budaya. Maka dari itu, telah terjadi akulturasi budaya di Jakarta, yang salah satunya bisa dilihat pada alat musik Betawi.

Berbagai alat musik Jakarta ini memiliki unsur dari budaya lain seperti Arab, China, Sunda, India, dan berbagai suku lainnya. Bahkan tak jarang alat-alat musik itu punya kemiripan dengan alat musik di daerah lain. Meski begitu, keberagaman budaya ini yang membuat alat musik Betawi terbilang unik. 

Terlebih, seni musik tradisional Betawi memiliki banyak fungsi, mulai dari hiburan, nasihat, pewarisan nilai sampai memelihara keseimbangan lahir batin. Karena fungsinya itu, seni musik tradisional Betawi masih bertahan. Lalu apa saja alat musik Betawi yang mungkin belum kamu tahu? Simak artikel ini ya!

1. Gambang

1. Gambang Alat Musik Betawi - Gambang (The Asian Parent)

Gambang adalah alat musik tradisional Betawi yang berfungsi sebagai pengiring dalam kesenian gambang kromong. Adapun gambang berbentuk seperti perahu yang terbuat dari bilah kayu berjumlah 18 bilah. Umumnya, kayu yang digunakan untuk membuat gambang adalah kayu manis, suangking dan ahlu batu. Di mana, masing-masing bilah kayu dapat dihasilkan nada yang berbeda sesuai dengan ukuran. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"