Terjawab! Ini Alasan Jungkook BTS Ditunjuk Langsung FIFA Untuk Soundtrack Piala Dunia 2022 Qatar, Bukan Karena Sponsor

Terjawab! Ini Alasan Jungkook BTS Ditunjuk Langsung FIFA Untuk Soundtrack Piala Dunia 2022 Qatar, Bukan Karena Sponsor

Jungkook BTS berhasil membius penonton dari seluruh dunia setelah membawakan lagu Dreamers yang merupakan original soundtrack Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt pada Minggu, 20 November 2022. Member termuda BTS itu mendapat sambutan positif bahkan dari non penggemar. 

Dengan penampilannya ini, Jungkook BTS juga mencetak sejarah baru sebagai penyanyi Korea Selatan pertama yang tampil di upacara pembukaan Piala Dunia di luar negeri. Namun seiring dengan ini, muncul banyak pertanyaan dari seluruh dunia 'kenapa bintang K-Pop yang ditampilkan di opening Piala Dunia di Timur Tengah?'

Salah satu media Jepang yakni The Answer melaporkan bahwa banyak netizen di negaranya menduga keterlibatan penyanyi bernama asli Jeon Jungkook itu karena pengaruh sponsor resmi Piala Dunia yakni Hyundai Motor. Diketahui BTS adalah global brand ambassadors (Team Century Hyundai) sejak 2018 lalu. 

Penampilan Jungkook BTS di Opening Piala Dunia 2022 Qatar (Chosun Ilbo)

Hyundai Motor Company sendiri sudah enam kali menjadi sponsor resmi Piala Dunia, antara lain Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, Jerman 2006, Afrika Selatan 2010, Brasil 2014, Rusia 2018, dan Qatar 2022. Tentu bukan hal yang tidak mungkin jika Hyundai menunjuk Jungkook untuk mengisi soundtrack Piala Dunia.

Akan tetapi kenyataannya tidak demikian. Dilansir dari Chosun Ilbo yang mengutip berbagai sumber, mengundang Jungkook BTS adalah ide dari FIFA. Bahkan federasi sepak bola Internasional itu langsung menghubungi kantor pusat HYBE, cabang HYBE AS, dan Big Hit Music, label BTS sejak sekitar sebulan lalu.

Meskipun FIFA tidak membeberkan alasan spesifik, tapi sejak awal mereka sudah memilih Jungkook diantara member BTS lainnya. Terkait hal ini, kritikus menganalisis bahwa FIFA mengundang Jungkook BTS karena berkaitan dengan slogan Piala Dunia tahun ini yakni 'multikultural', 'keberagaman' dan 'perdamaian'.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"