Promosikan Pembuatan Kertas Tradisional Korea, NewJeans Malah Diserang Netizen China Gara-gara Ini

Promosikan Pembuatan Kertas Tradisional Korea, NewJeans Malah Diserang Netizen China Gara-gara Ini

NewJeans mendadak diserang netizen Tiongkok. Hal ini setelah girl group bentukan ADOR ini tampil dalam konten YouTube yang membahas kertas tradisional Korea. Tak disangka, video tersebut ikut menarik perhatian netizen China atau Tiongkok namun membuat mereka dibanjiri kritik.

Sebagai informasi, pada 6 Januari, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata serta Korea Craft and Design Foundation merilis sebuah video yang mempromosikan kertas tradisional Korea yang disebut sebagai 'Hanji' dan mengundang NewJeans di konten tersebut. 

Dalam video itu, kelima member girl group NewJeans ini ikut membicarakan dan mencoba membuat Hanji bersama seorang ahli. Tak disangka, video tersebut malah memicu berbagai komentar jahat dari netizen Tiongkok yang dilontarkan langsung ke media sosial resmi NewJeans.

NewJeans Buat Kertas Tradisional Korea Hanji (YouTube)

Netizen Tiongkok merasa tidak terima dan menyebutkan jika pembuatan kertas pertama kalinya dicetuskan oleh Tiongkok. Sehingga teknik pembuatan kertas apa pun yang muncul setelahnya adalah milik budaya Tiongkok dan tidak dapat diklaim sebagai budaya Korea. 

Netizen Tiongkok lantas mengklaim bahwa orang Korea Selatan mencoba untuk mencuri budaya tradisional China. Sontak saja, hal ini menimbulkan perdebatan. Banyak netizen Korea yang memberikan pembelaan dan memberikan penjelasan tentang kertas tradisional Hanji.

Netizen Korea menegaskan kalau Hanji berbeda dari kertas asli China. Sejumlah netizen lantas menyinggung soal kertas tradisional Washi dari Jepang. Mereka juga mengatakan kalau dalam video tersebut orang Korea tidak pernah mengklaim menemukan kertas itu sendiri. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"