Lagu Seven Milik Jungkook BTS Dituduh Plagiat Dari Fin.KL, Agensi Bantah Tegas Sambil Beberkan Fakta Ini

Lagu Seven Milik Jungkook BTS Dituduh Plagiat Dari Fin.KL, Agensi Bantah Tegas Sambil Beberkan Fakta Ini

Agensi Jungkook BTS, Big Hit Music akhirnya memberikan tanggapan terkait tuduhan plagiarisme yang diajukan terhadap single debut Jungkook sebagai solois bertajuk Seven, yang juga merupakan lagu kolaborasi dengan Latto.

Sebelumnya pada Selasa, 22 Agustus 2023, outlet media Star News menyebut lagu Seven dicurigai 'meminjam' 'urutan tangga nada yang sama' sebagai melodi kunci yang digunakan dalam lagu Time of Mask milik Fin.K.L yang dirilis di tahun 2000.

Time of Mask ini sendiri merupakan b-side track dari album Fin.K.L bertajuk S.P.E.C.I.A.L, yang disusun oleh Yang Joon Young. Disebutkan bahwa Joon Young sudah mengajukan permintaan untuk evaluasi urutan skala dari kedua lagu tersebut.

Bahkan seorang pejabat di industri yang terlibat dalam masalah tersebut ikut menyatakan, "Beberapa penulis lagu domestik terkenal juga menyatakan pendirian mereka bahwa kedua lagu tersebut memiliki harmoni yang sangat mirip."

Lagu Seven Milik Jungkook BTS Dituduh Plagiat Dari Fin.K.L (Berbagai Sumber)

Terkait hal ini, HYBE Labels sempat memberikan tanggapan dengan mengatakan masalah itu belum bisa diselesaikan lantaran produser Bang Si Hyuk sedang berada di luar negeri tepatnya di Amerika Serikat untuk perjalanan bisnis.

Sampai akhirnya, Big Hit Music memberikan jawaban tegas soal tuduhan plagiat. Mereka menegaskan tuduhan itu tidak benar. Pihak agensi lantas mengungkap fakta lagu Seven digarap lima produser Internasional dan tak ada hubungannya dengan album domestik.

"Kami ingin mengungkapkan bahwa tuduhan yang mengklaim 'Seven' milik Jungkook hasil jiplakan adalah salah. 'Seven' dibuat melalui kolaborasi lima produser Internasional dan tidak ada hubungannya dengan lagu yang merupakan bagian dari album domestik 24 tahun lalu," terang Big Hit Music.

Label yang menaungi BTS ini kemudian menyelesaikan pernyataannya dengan menyatakan bahwa lagu Seven bukan karya dari hasil plagiat. "Tuduhan itu sepihak, dan lagu tersebut tidak memenuhi kriteria apa pun yang digunakan untuk menilai plagiarisme," pungkas Big Hit Music.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"