Desain Lightstick Grupnya Dituduh Jiplak Epik High, RIIZE Gercep Ambil Tindakan Ini

Desain Lightstick Grupnya Dituduh Jiplak Epik High, RIIZE Gercep Ambil Tindakan Ini

RIIZE  langsung menuai kontroversi setelah membagikan gambaran desain untuk lightstick pertama mereka. Hal ini karena desain lightstick grup asuhan SM Entertainment tersebut diduga plagiat desain lightstick grup Epik High.

Sebelumnya pada 5 Maret 2024, RIIZE akhirnya mengumumkan desain lightstick mereka melalui teaser yang diunggah di akun media sosial resmi mereka. Teaser itu menampilkan bayangan tangan yang mengarah ke atas.

"RIIZE Official Fanlight Coming Soon," begitu caption dalam unggahan yang dibagikan RIIZE. Disertakan pula informasi yang menyebutkan bahwa lightstick ini nantinya akan dirilis secara resmi pada April 2024 mendatang.

Namun segera setelah desain lightstick ini dirilis, RIIZE justru diminta mengubahnya karena dianggap mirip dengan lightstick milik Epik High. Di mana, Epik High merilis lightsticknya yang diberi nama Park Kyu Bong pada November 2023 lalu.

Lightstick RIIZE Yang Diduga Plagiat Epik High (Wowkeren)

Lightstick tersebut berbentuk seperti tangan yang mengacungkan jari tengah. Sementara untuk lightstick RIIZE, jari yang diacungkan adalah jari telunjuk. Meski terdapat perbedaan, tapi sejumlah fans tetap saja menilainya mirip.

Tak hanya itu, beberapa orang menilai desain lightstick RIIZE sebagai isyarat penghinaan di beberapa negara. Seperti di Jepang, isyarat tangan dengan telunjuk dan ibu jari mengarah ke luar menandakan mengutuk sesuatu.

Ini termasuk sebagai salah satu isyarat tangan yang harus dihindari. Para penggemar pun langsung mengutarakan kekhawatiran mereka dan melaporkannya kepada SM Entertainment. Keluhan ini pun tampaknya mendapat tanggapan positif.

Pada 6 Maret, RIIZE membuat postingan baru di akun X berisi pemberitahuan soal lightstick grup yang akan segera dirilis itu. Menariknya, dalam poster yang diunggah, SM tidak lagi menyertakan gambar desain lightstick yang sebelumnya diprotes.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"