Waspada Serangan Kista: Pahami Penyebab, Gejala dan Dampaknya

Waspada Serangan Kista: Pahami Penyebab, Gejala dan Dampaknya

aru-baru ini, artis Dinda Kirana harus menjalani operasi akibat mengidap kista ovarium. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga harus diatasi dengan baik. Sebenarnya apa yang terjadi ketika seseorang mengidap kista?

Penyakit kista adalah kondisi yang disebabkan oleh benjolan berbentuk kapsul atau kantung yang terisi dengan cairan, semisolid, ataupun material gas, yang dapat muncul pada jaringan tubuh mana saja. Dalam istilah medis, adanya benjolan biasa disebut dengan tumor. Saat diraba, benjolan ini akan terasa seperti balon berisi cairan.

Penyebab

Kista (via SehatQ)

Penyebab utama kista adalah adanya kondisi penyumbatan yang mengakibatkan penumpukan cairan atau udara. Penyumbatan ini bisa diakibatkan faktor genetika, infeksi dan sebab lainnya. Dalam beberapa kasus, penyebabnya bahkan tidak diketahui.

Namun secara garis besar, kondisi ini bisa dikarenakan tumor, infeksi, kelainan pada perkembangan embrio, cacat pada sel, kondisi inflamasi kronis, penyumbatan pada saluran pada tubuh, parasit, dan cedera. Faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko penyakit kista adalah usia, kemoterapi dengan tamoxifen, sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, dan penggunaan obat penyubur kandungan.

Gejala



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"