Cerita Kiky Saputri Pasca Alami Keguguran, Ternyata Ini Penyebab Janinnya Tidak Bertahan

Cerita Kiky Saputri Pasca Alami Keguguran, Ternyata Ini Penyebab Janinnya Tidak Bertahan

Setelah menikah dengan Muhammad Khairi pada 28 Januari 2023 silam, Kiky Saputri sempat merasakan kebahagiaan karena dinyatakan hamil. Namun sayangnya, harapannya menjadi orang tua harus pupus pada awal tahun lalu. Kiky Saputri  mengalami keguguran pada Maret 2024 sehingga merasakan duka yang mendalam.

Kiky mengungkapkan bahwa kandungannya gugur lantaran dirinya mengalami kista ovarium. Kondisi ini membuat janin dalam kandungannya tidak berkembang hingga akhirnya meninggal sebelum sempat dilahirkan. Ditambah lagi, saat itu dia bekerja terlalu keras sehingga berpengaruh pada kondisi fisiknya.

Walaupun pahit, namun kejadian ini membuatnya belajar untuk menjalani hidup sehat. Kini dia lebih mengatur pola makan dan istirahat agar tidak terjadi hal yang sama jika nantinya dia mendapat kepercayaan untuk hamil lagi.

Kiky Saputri (via detikHealth)

“Belajar dari yang kemarin, aku jadi lebih sering olahraga, istirahat lebih diatur juga, harus jaga pola makan kayak nggak makan tepung, pola istirahat, pola tidur juga dijaga, termasuk pikiran, itu yang paling penting,” ungkap Kiky Saputri di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Terkait kista yang ada dalam ovariumnya, Kiky mengaku bahwa masalah itu sudah teratasi. “Alhamdulillah sekarang kista sudah diangkat, sudah hilang dari muka bumi, tinggal menjaga agar tidak tumbuh lagi,” cerita Kiky Saputri.

Selanjutnya, Kiky mengungkapkan bahwa walaupun dirinya merasa kehilangan akibat keguguran, namun dia mengaku tidak buru-buru untuk punya anak lagi. Saat ini yang paling penting adalah menjaga kesehatannya dengan baik.

“Nggak ada program khusus, sekarang lagi kesehatan rutin, kemarin kan kejadiannya karena ada kista, aku lebih concern ke situ, bukan fokus program hamil, tapi sedikasihnya sama Yang Maha Kuasa, aku terima,” lanjut Kiky Saputri .



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"