Waspada Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Pancaroba

Waspada Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Pancaroba

Kondisi cuaca di beberapa daerah di Indonesia tidak menentu. Kadang pagi hari hingga siang hari cerah dengan matahari menyengat, lalu sore hari hingga malam hujan deras. Bisa jadi ini tanda musim pancaroba. Nah pancaroba kerap muncul dengan datangnya beberapa penyakit lho.

Saat kondisi kesehatan seseorang sedang tidak bugar akan menyebabkan gangguan kesehatan jika tidak siap dengan perubahan cuaca yang sangat signifikan ini. 

Musim pancaroba biasanya terjadi dua kali dalam setahun. Musim pancaroba terjadi saat peralihan musim kemarau ke musim hujan, biasanya di Indonesia terjadi pada bulan September hingga Desember. Sementara musim pancaroba yang kedua terjadi pada bulan April, yakni perubahan dari musim hujan ke musim kemarau.

Ilustrasi Cuaca Hujan (Bisnis.com)

Musim pancaroba kerap muncul dengan beberapa penyakit yang jika tidak diperhatikan bisa semakin parah. Berikut ini beberapa penyakit yang dialami seseorang karena musim pancaroba.

1. Infeksi Saluran Napas

Perubahan suhu udara yang signifikan dan kelembaban udara, bisa berdampak kurang baik pada saluran pernapasan karena bisa sebabkan infeksi. Gejala saluran napas terjadi infeksi antara lain hidung tersumbat, batuk erdahak, flu, bersin, hingga nyeri otot.

2. Influenza

Biasanya anak-anak mudah terserang influenza. Gejala anak-anak yang mengalami influenza rata-rata sama dengan gangguan saluran napas, seperti hidung tersumbat, batuk kering, dan mudah lelah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"