Covid-19 Bisa Jadi Pemicu Penyakit Stroke, Cek Faktanya

Covid-19 Bisa Jadi Pemicu Penyakit Stroke, Cek Faktanya

Seperti yang kita ketahui bersama, virus covid-19 masih belum tertangani sepenuhnya. Lonjakan kasus covid-19 masih terus berlanjut di beberapa negara di dunia. Disamping itu, selain kematian, ada ancaman lain yang akhir-akhir ini menjadi perdebatan para ilmuwan, yakni efek covid-19 bisa menjadi pemicu penyakit stroke .

Hasil penelitian terbaru dari para ilmuwan di Jerman, menyebutkan bahwa virus covid-19 dapat menjadi salah satu pemicu stroke. Hal tersebut lantaran kerusakan pada otak yang disebabkan oleh virus covid-19 mirip dengan kerusakan otak yang diakibatkan oleh penyakit stroke.

Covid-19 Pemicu Penyakit Stroke? (via Aido Health)

Penelitian yang diterbitkan di Nature Neuroscience tersebut mengatakan 4 pekan setelah mengidap covid-19, hampir 76 persen pasien mengalami gangguan kognitif dan gangguan kejiwaan lainnya.

Masih dalam penelitian yang sama, melalui scan otak MRI terlihat bahwa pasien covid-19 mengalami gangguan aliran darah pada pembuluh darah. Hal tersebut karena efek dari Covid-19 dapat menimbulkan “pembuluh tali” yang menyebabkan darah tidak bisa lewat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"