Waspada! Berikut 6 Tanda Bahwa Tubuhmu Kelebihan Garam, Bahaya Jika Dibiarkan

Waspada! Berikut 6 Tanda Bahwa Tubuhmu Kelebihan Garam, Bahaya Jika Dibiarkan

Jika kamu punya kebiasaan menambahkan lebih banyak garam ke makanan, kamu perlu baca artikel ini sampai akhir! Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology mengungkapkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak garam melalui makanan bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Garam yang kita butuhkan adalah 5 gram per harinya. Sementara yang sering kita konsumsi biasanya mencapai 7,5 gram per hari. Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat memiliki efek negatif yang serius pada kesehatan. 

Tekanan darahmu bisa meningkat dan kamu bisa mengalami penurunan kognitif juga. 

Sebelum terlambat, kamu perlu mulai memperhatikan asupan garam harian mulai dari sekarang ya! Berikut ini 6 tanda bahwa tubuhmu kelebihan garam:

1. Sering Haus

Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat membuatmu sering merasa haus. Ini terjadi karena makanan dengan kandungan natrium tinggi mengacaukan keseimbangan cairan tubuhmu. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan minum banyak air. Tubuh kamu terus memberikan sinyal bahwa ia membutuhkan lebih banyak air untuk mengembalikan keseimbangan garam dalam tubuhmu.

Sering haus bisa jadi tanda tubuhmu kelebihan garam (klasika.kompas.id)

2. Sering Kencing

Sering buang air kecil adalah tanda klasik bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi garam. Terutama ketika tengah malam kamu ingin sekali buang air kecil. 

Gejala ini bisa jadi gejala dari banyak kondisi lain seperti ISK, diabetes tipe 2, dan kandung kemih yang terlalu aktif. Untuk lebih pasti, coba lakukan serangkaian tes. Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak garam bisa menjadi alasannya.

3. Bengkak Beberapa Tempat 

Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat membuatmu bengkak di berbagai bagian tubuh. Ini bisa menjadi alasan mengapa kamu merasa kembung di pagi hari. Pembengkakan bisa dirasakan di jari dan di sekitar pergelangan kaki. Pembengkakan ini disebabkan oleh cairan yang berlebihan di jaringan tubuh dan dikenal sebagai edema. 

4. Kamu Sering Merasa Makanan Terasa Hambar

Apakah kamu merasa perlu menambahkan lebih banyak garam ke makanan sesekali? Apakah kamu terus menemukan makanan hambar dan membosankan? Nah, itu mungkin karena kamu terbiasa makan terlalu banyak garam. Seiring waktu, seleramu beradaptasi dengan rasa itu dan dari situlah kebutuhanmu untuk menambahkan lebih banyak garam ke makanan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"