Tips untuk Pemula yang Ingin Memulai Food Combining

Tips untuk Pemula yang Ingin Memulai Food Combining

Food combining adalah salah satu tren baru yang dilakukan untuk menjadi pilihan metode diet. Banyak orang yang menyukai metode diet ini karena klaimnya yang menjanjikan peningkatan energi dan perbaikan masalah pencernaan.

Food combining adalah pola makan yang befokus pada mengkombinasikan makanan dua tau lebih jenis nutrisi makanan untuk membantu pencernaan, penyerapan nutrisi, dan kesehatan secara menyeluruh. Metode ini menyarankan agar makanan dikonsumsi dalam kombinasi yang tepat supaya proses pencernaan jadi lebih efisien dan mengurangio gangguan pencernaan seperti kembung.

Food combining didasari dengan prinsip bahwa dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu secara terpisah bisa meningkatkan pencernaan makanan. Prinsip-prinsip dasarnya yakni:

1. Memisahkan protein dan karbohidrat

Protein sebaiknya dikombinasikan dengan sayuran (alodokter.com)

Mengonsumsi protein hewani (seperti daging, ikan, telur) dan karbohidrat kompleks (roti, pasta, kentang) dalam waktu yang berbeda untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan pada pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

2. Menghindari kombinasi protein yang berbeda

Konsumsi satu jenis protein dalam satu waktu, karena mengkombinasikan berbagai jenis protein bisa memperlambat proses pencernaan.

3. Mengonsumsi buah-buahan secara terpisah

Mengonsumsi buah-buahan sebaiknya tidak dibarengi dengan makanan utama atau sebagai cemilan, karena gula alami pada buah bisa mengganggu pencernaan makanan lain.

Tips Memulai Food Combining Buat Pemula



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"