Tinggi Serat Hingga Lawan Kanker, Ini Sederet Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Tinggi Serat Hingga Lawan Kanker, Ini Sederet Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Kubis atau kol merupakan tanaman berdaun hijau atau ungu dan ditanam sebagai sayuran. Kubis kerap disajikan dalam bentuk olahan makanan matang atau sekadar sebagai lalapan.

Meski demikian, masih banyak yang belum tau jika kubis memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apa saja sih manfaat kubis untuk kesehatan yang mungkin tidak kamu tahu? Sayuran yang tersedia dalam warna ungu, hijau, dan putih ini adalah anggota keluarga yang sama seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel.

Dikutip dari Health, Maxine Smith, ahli diet dari Cleveland, mengatakan bahwa ada teknik khusus memasak kubis. Tujuannya adalah agar nutrisi yang ada di dalamnya tidak rusak atau hilang saat proses tersebut.

"Anda ingin menghindari metode memasak yang lama dan merebusnya," kata Smith. 

Ia menjelaskan bahwa, cara-cara tersebut dapat merusak nutrisi dalam kubis. Gunakan metode memasak yang lebih cepat, seperti menggoreng atau memotong sayuran dan memakannya segar dalam salad.

Manfaat Kubis untuk Kesehatan (KlikDokter)

6 Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kubis yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dengan rutin.

- Kaya akan vitamin C

Asal kamu tau, jeruk bukan satu-satunya sumber vitamin C yang tinggi, sebab ternyata kubis juga memilikinya. Kubis kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan, yang secara khusus menyediakan 70 persen kebutuhan harian tubuhmu.

Memastikan kamu mendapatkan cukup vitamin C setiap hari adalah penting karena tubuh kita tidak membuat vitamin secara alami. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan nabati yang kamu konsumsi, membuat kolagen untuk membantu menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melindungi kamu dari penyakit.

- Sumber serat yang baik

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak serat dalam makanan, kubis dapat masuk list sayuran yang nggak boleh diabaikan. Dua cangkir kubis cincang mengandung hampir 5 gram serat.

Kubis adalah sumber serat yang baik serat dapat membantu meringankan sembelit, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

- Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kubis mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi pembekuan darah yang sehat dalam tubuh. Ada sekitar 68 mikrogram vitamin K hanya dalam satu cangkir kubis yang dimasak.

Meskipun kekurangan vitamin K jarang terjadi, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu seperti fibrosis kistik, penyakit celiac, kolitis ulserativa, mungkin lebih berisiko mengalami kadar vitamin K yang lebih rendah dari biasanya. Terlalu sedikit vitamin dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan tulang.

- Pilihan rendah kalori yang bagus

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, makanan yang tidak mengandung banyak kalori adalah pilihan yang tepat. Kubis sangat rendah kalori. Satu cangkir kubis yang dimasak hanya mengandung 34 kalori, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk manajemen berat badan.

- Menjaga kesehatan jantung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"