Tanda Bahwa Kolesterolmu Tinggi, Waspada Bahaya Komplikasi!

Tanda Bahwa Kolesterolmu Tinggi, Waspada Bahaya Komplikasi!

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darahmu. Tubuhmu membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi, kamu dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga mempersulit aliran darah yang cukup melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diwariskan, tetapi seringkali akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang pengobatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

# Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

# Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi Kadar kolesterol yang normal dan yang tinggi (ahligizi.id)

Meskipun sebenarnya kadar kolesterol hanya bisa dilihat melalui tes darah, namun untuk beberapa kasus, kolesterol tinggi memberikan tanda-tanda yang cukup kentara yang tak boleh kamu sepelekan. 

Berikut beberapa tanda kolesterolmu sangat tinggi:

1. Nyeri dan Kesemutan di Kaki

Kaki yang kesemutan dan nyeri ternyata adalah salah satu tanda bahwa kolesterolmu tinggi. Kondisi itu sering kali muncul karena arteri yang tersumbat di kakimu tidak dapat mengalirkan darah yang mereka butuhkan. 

2. Nyeri di Dada

Nyeri dada biasa yang bukan karena asam lambung atau mulas adalah tanda kemungkinan bahwa kamu memiliki kolesterol tinggi. Dengan mengingat hal itu, kamu harus melakukan lebih banyak latihan fisik dan mengubah pola makanmu.

3. Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi atau diabetes juga adalah salah satu tanda bahwa kamu mungkin juga memiliki kolesterol tinggi. Diabetes dapat berdampak besar pada kadar kolesterol karena ia cenderung memiliki partikel kolesterol yang menggantung di sekitar arteri. Artinya pembuluh darah dapat rusak karena gula darahmu yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, kamu harus mencoba dan mengubah pola makan dan gaya hidup agar gula darahmu tetap terjaga.

4. Tekanan Darah Tinggi 

Tekanan darah tinggi juga merupakan tanda yang harus diwaspadai. Kamu harus memeriksakan tekanan darahmu ke dokter sesering mungkin. Ini akan membantumu untuk mengurangi masalah yang mungkin memaksa tingkat tekanan darah yang lebih tinggi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"