Sering Pakai Softlens? Begini 4 Tips Agar Mata Tetap Sehat

Sering Pakai Softlens? Begini 4 Tips Agar Mata Tetap Sehat

Softlens memang bisa menjadi solusi untuk kamu yang punya gangguan penglihatan, namun tak nyaman jika harus menggunakan kacamata lensa. 

Namun, tak sedikit pula orang yang kini sengaja memakai softlens hanya untuk bergaya. Akan tetapi, penggunaan softlens tidak boleh dilakukan sembarangan lho. Karena bisa beresiko pada kesehatan mata.

Nah, itu sebabnya kamu perlu nih melakukan berbagai perawatan supaya mata kamu tetap sehat saat memakai softlens sehari-hari. Yuk simak!

1. Pilih softlens yang aman dan tepat

Ilustrasi pakai softlens (via pexels)

Yang pertama adalah hindari penggunaan softlens dari merek abal-abal. Apalagi kalo harga jualnya yang murah meriah serta tak ada izin edarnya dari Kementerian Kesehatan.

Selain itu, pilihlah softlens yang sesuai dengan diameter bola matamu. Jika kamu punya bola mata yang cukup besar, kamu bisa memilih softlens dengan diameter di atas 14.5 mm. 

Sebab jika salah pilih diamater, hal ini bisa membuat penggunaan softlens jadi gak nyaman, bahkan membuat penglihatan gampang buram.

Di samping itu, kamu juga perlu mengecek base curve (lengkungan softlens yang mengikuti kurva atau bola mata. Bila semakin kecil base curve, maka softlens kamu bakal terasa lebih ketat saat dipakai. 

Sedangkan kalo kebesaran, ini akan membuat softlens sulit untuk menempel. Jadi baiknya, kamu bisa memilih ukuran base curve 8.6 mm – 9.00 mm.

Jangan lupa juga untuk pilih softlens dengan tingkat kadar air rendah dari 50% untuk kamu yang punya kecenderungan mata kering. Sebaliknya, kalo mata kamu normal, kamu perlu memilih softlens dengan kadar air di atas 50%.

2. Selalu gunakan dan lepas softlens dengan tangan yang bersih

Tips berikutnya adalah rutin mencuci tangan ketika memasang atau melepas softlens. Jangan sampai nih, tanganmu dalam kondisi kotor, lalu kamu memegang softlens begitu saja. Hal ini bisa berbahaya karena bisa membuat mata merah atau perih.

3. Lepas softlens saat membersihkan wajah, mandi, tidur, berenang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"