Sebenarnya Bekas Hitam Jerawat di Wajah Itu Bisa Hilang Berapa Lama Sih? Ini Kata Pakar

Sebenarnya Bekas Hitam Jerawat di Wajah Itu Bisa Hilang Berapa Lama Sih? Ini Kata Pakar

Seringkali para wanita menggunakan alas bedak yang cukup tebal untuk menutupi bekas kehitaman akibat jerawat di wajah. Lantas sebenarnya, berapa lama sih bekas jerawat itu bisa benar-benar hilang? 

Menurut seorang pakar kesehatan kulit, semuanya itu tergantung dari jenis skincare dan perawatan yang kamu gunakan. Bekas jerawat bisa saja hilang dalam hitungan minggu atau pun bulan.

"Banyak orang tidak menyadari bahwa bekas jerawat yang berwarna gelap atau merah muda di kulit sebenarnya bukanlah bekas jerawat. Peradangan pada kulit sering kali meninggalkan noda sebagai bagian dari proses penyembuhan alami. Peradangan tersebut memicu produksi pigmen sehingga bekasnya memudar dengan sendirinya dalam beberapa minggu hingga bulan," kata Dr. Joshua Zeichner, direktur Cosmetic and Clinical Research di Dermatology Mount Sinai Hospital, New York, dilansir dari Teen Vogue.

Ilustrasi bekas jerawat (via freepik)

Butuh waktu sekitar 3 hingga 6 bulan lamanya agar bintik hitam di wajah bisa benar-benar hilang. Namun ada pula beberapa kasus yang membutuhkan waktu hingga 2 tahun. Hal yang perlu diketahui dari timbulnya bekas kehitaman ini adalah penyebabnya. Biasanya kondisi seperti ini dikarenakan munculnya jerawat dan peradangan. 

Ketika kulitmua sembuh dan sel kulit mulai terbentuk, ada kemungkinan sel-sel yang dikirim untuk memulihkan permukaan kulit mengandung banyak melanin. Melanin inilah yang merupakan pemberi warna pada kulit.

Ketika sel-sel tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya bercak kulit cenderung lebih gelap. Ini disebut hiperpigmentasi pascainflamasi. Itu sebabnya, kamu perlu melakukan beberapa perawatan agar bekas jerawat hitam milikmu bisa memudar secara cepat. Mulai dari menggunakan skincare yang mengandung zat aktif seperti retinoid, atau AHA (asam alfa hdiroksi).

Kemudian bisa juga melakukan peeling kimia yang dilakukan oleh orang profesional seperti dokter kulit. Bisa juga melakukan terapi laser fraksional untuk menghancurkan melanin yang berlebihan di kulitmu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"