Sebelum Terlambat, Kenali Tanda-Tanda Kamu Sudah Terserang GERD

Sebelum Terlambat, Kenali Tanda-Tanda Kamu Sudah Terserang GERD

GERD, kepanjangan dari kepanjangan dari Gastroesophagaeal Reflux Disease, adalah penyakit asam lambung yang bisa berujung pada kondisi fatal, bahkan berakhir dengan kematian. Penyebabnya adalah melemahnya katup atau sfingter yang terletak pada kerongkongan bagian bawah.

Normalnya, katup ini memungkinkan makanan dan minuman masuk menuju lambung. Akan tetapi pada penderita GERD, katup ini tidak dapat menutup dengan baik sehingga isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik hingga ke kerongkongan.

Gejala GERD (via Honestdocs)

Apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus, makan lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan yang lama kelamaan akan menjadi parah. Parahnya, sebagian besar orang tidak menyadari bahwa gangguan ini sudah berakar di dalam tubuhnya.

 

Gejala dari GERD sendiri adalah adanya rasa asam atau pahit di mulut yang disertai sensasi panas terbakar atau terasa perih di bagian dada dan ulu hati. Hal ini disebabkan karena asam lambung yang baik ke kerongkongan. Gejala ini akan semakin terasa saat penderita membungkuk, berbaring, dan setelah makan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"