Cara Atasi Serangan Asam Lambung di Malam Hari, Demi Tidur yang Berkualitas

Cara Atasi Serangan Asam Lambung di Malam Hari, Demi Tidur yang Berkualitas

Gangguan asam lambung bisa terjadi kapan saja, termasuk di malam hari. Kondisi ini bisa semakin memburuk, hingga bisa mengganggu waktu istirahat dan aktivitas di pagi hari.

Karena gravitasi tidak lagi membantu menahan asam lambung ketika berbaring, sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan dengan mudah. Air liur yang biasanya membantu mendorong asam lambung ke bawah pun berkurang saat tidur.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi asam lambung yang naik pada malam hari dikutip dari WebMD dan Medical News Today.

1. Memakai pakaian longgar

Posisi makan yang tegap dapat mencegah asam lambung naik (kreativv.com)

Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman saat tidur, terutama pada bagian pinggang. Pakaian yang ketat bisa menekan perut, yang bisa menyebabkan gejala nyeri ulu hati.

2. Tidur dengan posisi miring ke kiri

Posisi tidur juga bisa membantu mengatasi asam lambung yang naik pada malam hari. Peneliti percaya jika tidur dalam posisi miring ke kiri bisa membantu mengurangi tekanan pada perut, sehingga risiko asam lambung naik bisa semakin berkurang.

3. Tinggikan tubuh bagian atas

Ketika tidur, tinggikan tubuh bagian atas, yakni mulai dada hingga kepala. Hal ini dilakukan untuk membantu asam lambung tidak mudah naik ke kerongkongan. Letakkan kepala pada bantal yang agak tinggi dan buat punggungmu merasa nyaman.

4. Hindari makan terlalu banyak dan terlalu malam

Hindari makan terlalu malam karena membuat makanan belum selesai diolah disaat kamu tidur. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada lambung. Apalagi jika kamu makan dalam jumlah yang banyak. Beri jeda waktu 2-3 jam sebelum tidur.

5. Hindari makanan pemicu

Hindari juga makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Biasanya makanan dan minuman yang memiliki rasa tajam, mengandung banyak lemak, kafein bisa mengakibatkan iritasi. Contohnya adalah kopi, teh, alkohol, cokelat, soda, peppermint, bawang putih, bawang bombai, susu, makanan pedas, gorengan, dan hidangan dengan rasa asam.

6. Makan dengan perlahan

Makan dengan perlahan dan jangan tergesa-gesa. Ketika kamu makan dengan tergesa-gesa, lambung akan lebih banyak memproduksi asam dan dapat memicu asam lambung naik.

7. Duduk tegak setelah makan

Selama dan seusai makan, biasakan duduk dengan tegap supaya mengurangi risiko asam lambung naik. Hindari membungkuk, mengangkat benda berat, dan olahraga berat.

Perlu kamu ketahui, cara-cara di atas bersifat sementara sehingga kamu tetap harus control teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu gangguan asam lambung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"