Sebar Foto Korban Kecelakaan di WA Grup, Apa Seseorang Idap Gangguan Psikologis?

Sebar Foto Korban Kecelakaan di WA Grup, Apa Seseorang Idap Gangguan Psikologis?

Kecelakaan  yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di jalan tol Nganjuk, Jawa Timur pada (4/11) memang membuat ramai WhatsApp atau WA Grup  dengan kemunculan foto korban kecelakaan dengan kondisi yang memilukan.

Tak dipungkiri banyak orang yang saling mengirimkan foto atau video kejadian yang dialami Vanessa dan keluarganya. Bahkan kerabat Vanessa melalui sosial media sudah mengimbau kepada para warganet untuk tidak menyebarkan foto-foto kecelakaan Vanessa hingga jenazah Vanessa dan suaminya.

Biasanya orang yang menyebar atau meminta foto-foto itu bisa saja alami gangguan psikologis yang disebut fear of missing out. Artinya kondisi mental dimana seseorang tidak mengindahkan sisi kemanusian demi sesuatu yang terkini atau ketakutan ketinggalan melihat foto-foto kecelakaan.

Ilustrasi Sebar Gambar Korban Kecelakaan (Kompas.com)

Bukannya ikut prihatin atau mengucapkan bela sungkawa bahkan mendoakan para korban, malah saling mengirimkan gambar-gambar yang tak pantas untuk dikirimkan. Sebab ada banyak sekali dampak negatif jika kita menyebarkan foto korban kecelakaan.

Psikolog Rena Masri mengatakan hal ini bisa membuat kondisi psikologis korban atau keluarga korban menjadi tidak baik. Belum lagi foto korban kecelakaan bisa menimbulkan rasa ngeri atau perasaan tidak nyaman bagi banyak orang yang menerima gambar tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"