Punya Gejala Yang Sama, Ini Loh Perbedaan Penyakit Maag Dan GERD, Jangan Sampai Salah Ya!

Punya Gejala Yang Sama, Ini Loh Perbedaan Penyakit Maag Dan GERD, Jangan Sampai Salah Ya!

Beberapa masalah lambung seperti sakit maag  dan GERD  (gastroesophageal reflux disease) memiliki gejala yang mirip. Sehingga, banyak orang yang masih salah membedakan dan menganggap kalau maag dan GERD merupakan penyakit yang sama.

Dikutip dari laman Hello Sehat, maag merupakan istilah yang menunjukkan gejala tidak nyaman atau keluhan sakit akibat masalah pada pencernaan. Sementara GERD adalah kondisi ketika cairan asam lambung  naik ke kerongkongan sampai ke mulut.

Orang yang punya maag mungkin saja berkembang menjadi gejala GERD. Walau begitu, ada hal yang membedakan dua kondisi tersebut yang perlu kamu ketahui. Karena jika salah mengenali, maka bisa berisiko dalam penanganan yang tidak sesuai. Berikut perbedaan maag dan GERD.

1.    Gejala

Foto: Asam Lambung – GERD (Tribun Pontianak)

Kalau dilihat sekilas, gejala maag dan GERD mungkin terlihat sama karena keduanya termasuk gangguan pencernaan. Tapi umumnya, sakit maag ditandai dengan rasa tidak nyaman di area perut bagian atas. Rasa sakit itu pun akan datang dan pergi silih berganti. Selain itu, ulu hati terasa nyeri, perut terasa penuh saat makan, bunga angin dan bersendawa sampai mual dan muntah.

Sementara itu, gejala GERD cenderung lebih berat yang ditandai dengan sensasi terbakar pada dada (heartburn). Sensasi ini dapat menimbulkan gejala lain seperti makanan atau asam lambung naik ke kerongkongan, nyeri dada, kesulitan menelan dan rasa mengganjal di kerongkongan.

Tidak hanya itu saja, GERD juga bisa menimbulkan gejala lain di luar dari system pencernaan seperti batuk kronis, suara serak, sesak napas dan gangguan tidur. Gejala GERD ini juga harus segera ditangani dengan baik.

Kalau dibiarkan terus menerus, gejala GERD bisa berkembang dan memicu sesak napas atau rasa sakit di sekitar rahang tangan. Gejala ini juga mirip dengan gejala serangan jantung, sehingga disarankan untuk melakukan pemeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2.    Penyebab

Perbedaan berikutnya terlihat dari penyebab. GERD dan maag memang sama-sama dikarenakan asam lambung yang naik. Tapi ternyata, area yang terdampak untuk memicu gejala GERD dan maag itu berbeda. Maag dipicu oleh iritasi pada dinding lambung. Jadi saat asam lambung naik atau ada luka di lambung, maka dinding lambung berisiko mengalami iritasi dan memicu gejala asam lambung.

Sementara penyebab GERD adalah asam lambung yang naik akibat cincin esofagus melemah dan tidak dapat menahan makanan kembali ke kerongkongan maupun cairan dari lambung. Sehingga, makanan dan asam lambung akan naik ke atas dan memicu gejala heartburn atau sensasi terbakar pada dada.

3.    Perbedaan Cara Mengatasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"