Positif COVID-19 Setelah Vaksin Pertama, Apa yang Harus Dilakukan?

Positif COVID-19 Setelah Vaksin Pertama, Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mencegah bertambahnya jumlah orang yang terpapar virus COVID-19, pemerintah mewajibkan semua warga negara melakukan vaksinasi. Seiring dengan semakin mengganasnya virus corona akibat munculnya varian baru, pemerintah mewajibkan bagi semua masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas untuk imunisasi.

Vaksin umumnya diberikan dengan dua dosis tertentu, hal ini ditujukan untuk membentuk kekebalan yang maksimal. Rentang waktu pemberiannya pun juga berbeda untuk tiap jenis vaksin yang diberikan. Namun bagaimanakah jika dalam rentang waktu menunggu pemberian vaksin dosis kedua itu kamu terpapar virus corona?

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (via Alodokter)

Juru bicara Vaksinasi Kementrian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa jika seseorang setelah menerima vaksin pertama lalu positif COVID-19 maka dia harus menunda dulu penerimaan vaksin keduanya hingga sembuh, lalu setelah 3 bulan kemudian baru diberikan vaksin kedua.

Ini artinya, seseorang yang pernah terpapar virus corona sekalipun dia sudah mendapatkan vaksin pertama masih bisa diberikan vaksin kedua setelah dia dinyatakan sembuh. Dia tidak perlu melakukan proses vaksinasi ulang dari awal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"