Perlu Diperhatikan, 5 Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar Sampai Waktu Berbuka

Perlu Diperhatikan, 5 Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar Sampai Waktu Berbuka

Dalam waktu sekitar dua minggu lagi, umat Muslim akan memasuki bulan puasa  atau Ramadhan 2022. Selain untuk menjalankan kewajiban agama, puasa juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Misalnya, untuk memangkas berat badan, menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi peradangan pada tubuh. Lalu, bagaimana dengan berpuasa bagi penderita diabetes ?

Saat puasa, tubuh tidak akan mengkonsumsi apapun. Menurut teori, puasa bagi penderita diabetes bisa meningkatkan risiko hipoglikemia atau kondisi saat kadar gula di dalam darah berada di bawah normal, dari kurangnya asupan makanan. Belum lagi, ada kecenderungan orang akan makan berlebihan saat buka puasa. Lantas apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, berikut 7 tips puasa untuk penderita diabetes yang perlu kamu ketahui.

1.    Konsultasi Pada Dokter

Pasien diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk ikut puasa selama bulan Ramadan. Dokter akan memeriksa kondisi tubuh dan kadar gula darah penderita diabetes, sekaligus memberikan saran agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

2.    Kurangi Aktivitas Fisik

Foto: Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes (Kumparan)

Pasien diabetes disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga berlebihan saat puasa. Pasalnya, aktivitas yang berlebihan sampai membuat kelelahan selama berpuasa bisa menyebabkan hipoglikemia. Boleh saja tetap melakukan olahraga, asal tidak berlebihan. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan, peregangan ringan atau melakukan pekerjaan rumah saja sudah cukup agar tubuh tetap bugar.

3.    Cukupi Kebutuhan Cairan

Saat puasa, tubuh secara otomatis tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Sehingga, hal ini bisa memperburuk kondisi penderita diabetes. Diketahui, penderita diabetes lebih mudah mengalami dehidrasi saat tubuhnya kekurangan cairan. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi selama puasa. Tapi sebaiknya hindari konsumsi minum yang terlalu manis atau mengandung kafein, karena kedua jenis minuman tersebut berisiko menimbulkan dehidrasi.

4.    Makanan Yang Perlu Dihindari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"