Perbedaan Wasting dan Stunting yang Sama-Sama Disebabkan Gizi Buruk

Perbedaan Wasting dan Stunting yang Sama-Sama Disebabkan Gizi Buruk

Tubuh manusia memerlukan nutrisi dalam jumlah dan kualitas yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Berbagai faktor mempengaruhi proses fungsi tubuh. Jumlah tidur yang cukup, pola makan yang tepat, dan rutin berolahraga merupakan beberapa faktor yang mengontrol kemampuan kinerja tubuh. 

Pola makan memainkan peran paling penting dalam memastikan kesehatan fisik, mental, dan emosional tetap utuh. Namun, jika tubuh tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup setiap harinya, ia akan berisiko mengalami stunting dan wasting.

Stunting dan wasting merupakan penyakit kekurangan gizi yang dapat berdampak parah dan berjangka panjang pada tubuh kita. Lantas, apa bedanya?

Stunting

Definisi Stunting, wasting, dan underweight (timesofindia.idntimes.com)

Stunting merupakan suatu kondisi medis di mana seorang anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Tubuh mereka tidak dapat mencapai ketinggian yang layak. Anak-anak ini memiliki tinggi badan yang rendah dibandingkan dengan usia mereka. 

Kondisi ini dipicu oleh gizi buruk atau malnutrisi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seorang anak dapat didefinisikan sebagai stunting jika tinggi badan terhadap usianya lebih dari dua standar deviasi di bawah median Standar Pertumbuhan Anak WHO. 

Stunting adalah tinggi badan yang rendah dibandingkan berat badan anak. Anak yang mengalami stunting tidak mempunyai pertumbuhan yang normal dibandingkan dengan anak lainnya. Mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan gangguan fungsi otak. Perkembangan organ mereka juga terhambat. Anak-anak ini tidak dapat mencapai kehidupan normal. Mereka tidak bisa pergi ke sekolah atau bermain dengan anak-anak lain seusianya.

Gizi yang buruk, kebersihan yang buruk, infeksi, kurangnya air bersih, dan kurangnya layanan kesehatan bagi anak dan ibu merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan stunting. Seringkali, keluarga miskin tidak mampu membeli fasilitas kesehatan dan makanan untuk ibu dan anak. Keluarga-keluarga ini memiliki pendapatan yang minim dan mereka tidak mampu memberikan pengasuhan yang tepat kepada anak mereka. Jika ibu kekurangan gizi, kemungkinan besar anak akan mengalami pertumbuhan terhambat.

Wasting



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"