NGERI! Ini 10 Hal Buruk yang Bisa Terjadi pada Tubuhmu Jika Kurang Tidur

NGERI! Ini 10 Hal Buruk yang Bisa Terjadi pada Tubuhmu Jika Kurang Tidur

Kurang tidur menguras kemampuan mental dan membahayakan kesehatan fisikmu. Sains bahkan telah membuktikan bagaimana kurang tidur dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari penambahan berat badan hingga sistem kekebalan yang melemah.

Siapa pun tentu pernah punya pengalaman kurang tidur atau sulit tidur di malam hari. Jika itu terjadi, biasanya mereka akan merasa lelah, gampang marah, rewel, dan kurang sehat keesokannya. Itu baru sehari, lalu bagaimana kalau berhari-hari atau berulang kali terjadi selama jangka panjang?

Berikut ini 10 hal buruk yang akan terjadi pada tubuhmu jika kamu kurang tidur:

1. Gangguan Pernapasan 

Hubungan antara tidur dan sistem pernapasan berjalan dua arah. Gangguan pernapasan malam hari yang disebut obstructive sleep apnea (OSA) dapat mengganggu tidur Anda dan menurunkan kualitas tidur.

Kurang tidur dapat membuatmu lebih rentan terhadap infeksi pernapasan seperti flu biasa. Kurang tidur juga dapat memperburuk penyakit pernapasan yang ada, seperti penyakit paru-paru kronis.

2. Penyakit Jantung

Kurang tidur bisa menyebabkan penyakit jantung(health.kompas.com)

Orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular. Satu analisis mengaitkan insomnia dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Obesitas

Leptin memberi tahu otakmu bahwa kamu sudah cukup makan. Tanpa tidur yang cukup, otak mengurangi leptin dan meningkatkan ghrelin, yang merupakan perangsang nafsu makan. Fluks hormon ini bisa menjelaskan ngemil di malam hari atau mengapa seseorang makan berlebihan di malam hari.

Kurang tidur juga bisa membuatmu merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Seiring waktu, berkurangnya aktivitas fisik dapat membuat berat badan bertambah karena kamu tidak membakar cukup kalori dan tidak membangun massa otot.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"