Menghitung kalori makanan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tengah berusaha diet. Tapi, hal ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi siapa saja loh, biar asupan kalori makanan dalam tubuh sesuai.

Menghitung kalori makanan bisa dilakukan dengan mudah, asalkan tau caranya gengs. Kalori merupakan satuan energi, bukanlah kepadatan nutrisi atau ukuran berat . Energi bisa terkandung dalam beberapa sumber energi, salah satunya yaitu makanan. 

Satuan kalori disingkat dengan kal. Tapi kalo di bungkus-bungkus jajan atau makanan biasanya ditulis kilokalori (kkal). Dimana satu kilokalori sama dengan 1.000 kalori.

Kalori di dalam makanan

Kalori di dalam makanan Menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan (hellosehat.com)

Nah gengs, kamu harus tay kalo di dalam makanan ada tiga makronutrisi, yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Persatu gram lemak, terkandung 9 kalori, sedangkan 1 gram protein atau 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori.

Kalori dalam makanan sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjadi sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas. 

Cuman, kalo kalori makanan yang dikonsumsi malah berlebihan dan tak mengalami pembakaran, maka kalori ekstra akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Nah, lemak inilah yang nntinya akan menambah berat badanmu.

Buat para orang tua, kamu perlu banget tau cara mengatur jumlah kalori dalam makanan yang dikonsumsi, perhatkanlah toap jumlah kalori yang ada dalam tiap jenis makanan dan minuman. Kamu bisa download applilasi di Google Playstore, applikasi Dafrtar Kalori Makanan akan memberimu informasi tentang jumlah masing-masing kalori.

Melansir dari Kumparan, Ruth McDonald, seorang profesor dan ketua nutrisi manusia dan ilmu makanan di kampus Lowa State memberikan contoh yang simpel.

"Jika kamu punya makanan yang mengandung 10 gram protein (10 x 4 = 40) dan 5 gram lemak (5 x 9 = 45), nilai totalnya adalah 40 + 45 = 85 kalori.

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Mengonsumsi makanan yang sehat (alodokter.com)

Organisasi Pangan Dunia atau FAO menyarankan kalo orang dewasa rata-rata dianjurkan mengonsumsi kalori sebanyak 1.800 kilokalori per hari. Namun,  sebenarnya jumlahnya berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan dan aktivitas fisik.

Menteri Kesehatan pernah melansir cara mudah menghitung kalori, yaitu berpatokan pada jenis kelamin dan tinggi badan.

Pertama-tama kamu harus tau Tinggi Badan (TB) dan hitunglah Berat Bdan Ideal (BBI) dengan rumus:

BBI = (TB-100) - (10% X (TB - 100))

Contoh sederhananya adalah, kalo kamu punya tinggi badan 180 cm maka BBI nya adalah:

BBI = (180-100) - (10% X (180 - 100)) = 80 - ( 10% X  80) = 80 - 8 = 72

Nah, usai kamu tau BBI, kamu bisa menghitung Kebutuhan Kalori Basal (KKB). KBB merupakan kebutuhan kalori yang tubuhmu butuhin, guna ngelakuin aktivitas basalnya. Rumus buat menghitung KKB:

KKB Laki-laki = 30 kkal x BBI    

KKB Perempuan = 25 kkal x BBI

Jadi, kalo laki-laki BBI 72, maka KKBnya adalah:

KKB = 30 kkal x 72 = 2.160 kkal. 

Mudah banget kan gengs? Kalo sudah paham, kamu bisa coba sekarang kamu hitung kebutuhan kalori harianmu.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations