Mengapa Kita Gampang Lapar di Cuaca Dingin? Ini Jawabnya!

Mengapa Kita Gampang Lapar di Cuaca Dingin? Ini Jawabnya!

Cuaca yang lebih dingin menyebabkan tubuh kita mengalami penurunan suhu, yang berarti nafsu makan kita terstimulasi. Hal ini karena makan membantu menghasilkan panas internal, yang kemudian menyebabkan peningkatan suhu tubuh. Selama musim dingin, tubuh bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak energi hanya untuk mencoba membuatmu tetap hangat, jadi keinginan untuk makan lebih banyak berasal dari peningkatan penggunaan energi alami oleh tubuhmu.

Namun, hal ini tidak perlu dijadikan alasan untuk makan berlebihan! Ada cara lain yang efektif untuk tetap hangat, seperti mengenakan pakaian berlapis ekstra atau berolahraga, cara tersebut tentu lebih baik dari menambah lapisan lemak karena makan terlalu banyak. 

Cuaca di musim hujan yang dingin bikin mudah lapar (lifestyle.kompas.com)

Karbohidrat sering kali menjadi hal yang paling kita dambakan selama cuaca dingin. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengidam makanan mendapatkan sebagian besar makanannya dari karbohidrat olahan (roti putih, kue, biskuit) dan gula. 

Karbohidrat jenis ini menawarkan pasokan energi yang cepat, namun dapat menyebabkan lingkaran setan, karena karbohidrat meningkatkan kadar gula darah terlalu tinggi yang kemudian mengakibatkan penurunan ektrem dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat olahan atau camilan manis. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"