Manfaat Pilis, Racikan Kompres Tradisional Yang Dipakai Aurel Hermansyah Hingga Paula Verhoeven Setelah Lahiran

Manfaat Pilis, Racikan Kompres Tradisional Yang Dipakai Aurel Hermansyah Hingga Paula Verhoeven Setelah Lahiran

Kelahiran anak pertama Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah  masih menjadi perhatian publik. Kini semua keseharian dan aktivitas Aurel dan Atta sebagai orangtua baru kerap menjadi topik hangat. Baru-baru ini, netizen menyoroti momen Aurel Hermansyah memakai seperti kompres berwarna hitam di dahinya. Selain Aurel, Paula Verhoeven, Ussy Sulistiawaty, Sarwendah hingga Vicky Shu juga pernah terlihat memakai ramuan tersebut setelah melahirkan .

Apa sebenarnya kompres itu? Rupanya, kompres itu dinamakan pilis, yakni racikan sejumlah bahan alami yang biasa digunakan sebagai alternatif perawatan ibu setelah melahirkan. Memang, kondisi fisik para ibu usai persalinan tentunya akan berbeda dari masa kehamilan atau sebelum hamil. Biasanya, para ibu merasakan kondisi fisiknya lebih lemah dan rasa sakit di beberapa bagian tubuh.

Foto: Artis Pilis (Diadona.id)

Ada beberapa masalah kesehatan yang timbul pasca melahirkan, seperti sakit kepala, mata berkunang-kunang dan pandangan kabur. Ternyata, pilis digunakan sebagai alternatif obat yang cenderung rentan untuk ibu. Pilis memiliki manfaat untuk meredakan pusing yang umumnya dirasakan oleh para ibu setelah melahirkan.

Selain itu, aroma pilis juga memberikan sensasi memanjakan dan memberikan ketenangan. Hal ini tentu bermanfaat untuk meredakan stress dan penat pikiran bagi para ibu. Sensasi dingin saat menggunakan kompres pilis ini juga dinilai membantu memberikan kesegaran dan efektif melancarkan peredaran darah.

Cara membuat pilis pun terbilang sederhana. Bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemukan di dapur karena terdiri dari sejumlah rempah-rempah mulai dari, kunyit, kencur, mint, kenanga, jintan hitam, jintan putih, cengkeh, pala, bawang putih, kemukus, daun turi, asam muda dan ganthi yang ditumbuk bersamaan. Setelah dihaluskan, semua bahan dicampur dengan air hangat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"