Manfaat bangun pagi ternyata benar-benar tak terduga, selain mitos kalo bangun pagi bisa dapet banyak rezeki. Ternyata masih banyak manfaat lain yang baik untuk kesehatanmu. Begini loh beberapa ulasan tentang manfaatnya.

Manfaat bangun pagi yang kerap tidak disadari oleh banyak orang, membuat mereka mengabaikan akan pentingnya bangun pagi. Kamu masih ingat nggak, tentang nasihat nenek moyang, yang berbunyi "bangun pagi banyak rezeki", atau "kalo nggak bangun pagi nanti rezekinya dipatok ayam". 

Nah, mungkin mitos tersebut ada benarnya juga gengs. Semakin pagi kita bangun, maka kita akan bisa segera bergegas menjemput rezeki dari Tuhan, yang telah disebarkan ke bumi.

Selain dikaitkan dengan rezeki, manfaat bangun pagi menurut sebuah penelitian bisa membuat orang berpeluang memiliki umur panjang dibandingkan dengan mereka yang bangun kesiangan. Nah, berikut ini beberapa manfaat bangun pagi yang harus kamu tahu, biar lebih semangat buat bangun:

1. Membuat tubuhmu menjadi segar

1. Membuat tubuhmu menjadi segar Tubuh menjadi segar karna bangun pagi (malesbanget.com)

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah menjadikan tubuhmu menjadi segar. Hal ini karena, ketika kamu bangun pagi maka tubuh akan memiliki kesempatan menghirup udara yang segar, yaitu oksigen yang tak tercampur dengan polusi udara, seperti limbah pabrik atau asap kendaraan. 

Kalo bangun pagimu dilanjutkan dengan berolahraga, maka tubuhmu akan menjadi segar dan bugar.

2. Meningkatkan daya ingat

2. Meningkatkan daya ingat Orang memiliki daya ingat yang kuat saat rajin bangun pagi (negerisatu.id)

Apabila otak berfungsi dengan maksimal maka memori otak pun akan meningkat. Orang yang sering bangun di pagi hari dan menghirup udara segar, hal ini bisa membuatmu memiliki kemungkinan kecil untuk terjangkit gejala pikun, dibandingkan dengan mereka yang selalu bangun siang.

3. Menjadikan kulitmu awet muda

3. Menjadikan kulitmu awet muda Kulit cerah karena bangun pagi (jatim.tribunnews.com)

Manfaat bangun pagi berikutnya adalah menjadikan kulitmu awet muda. Kok bisa? Hal ini karena sinar matahari pagi akan membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh, yang bisa memaksimalkan peremajaan kulit. Selain itu, kandungan dalam D2 dan D3 juga dapat mencegah gangguan pada kulit. Jadi, gak ada ruginya kaaaan, kalo bangun lebih pagi, malahan bikin kamu tampak awet muda.

4. Bikin kamu semangat menjalani hari

4. Bikin kamu semangat menjalani hari Semangat menjalani hari karena bangun pagi (go-dok.com)

Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kulitmu, manfaat bangun pagi juga bisa membangkitkan semangat untuk menjalani hari-harimu. Secara psiklogi, energi positif dalam tubuh bisa diciptakan ketika kamu bangun pagi dan menghirup udata di pagi hari yang segar.

Coba deh, buktiin sendiri dan bandingkan perbedaannya antara dirimu yang bagun pagi dan dirimu yang bangun siang. Pasti beda banget.

5. Dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh

5. Dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh Meningkatkan metabolisme dalam tubuh (doktersehat.com)

Vitamin D memiliki kandungan kalsitriol dan kalium. Kalsitriol sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh dan bisa memaksimalkan proses penyerapan kalsium pada tulangmu.

Itu dia manfaat bangun pagi yang bisa kamu dapatkan. Bangun pagi bisa kamu lakukan sebelum matahari terbit atau pukul 05.00. Berani mencoba hal baik ini? Coba deh, besok memulai bangun pagi.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations