Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Sendok, Lebih Sehat yang Mana Ya?

Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Sendok, Lebih Sehat yang Mana Ya?

Beberapa waktu lalu terdapat polemik di sosial media antara cara seseorang makan nasi padang menggunakan tangan atau sendok. Ada yang menyebut bahwa nasi padang merupakan kuliner yang paling tepat dimakan dengan tangan. 

Tapi ada juga kubu lain yang menyebut bahwa makan nasi padang pakai tangan itu ribet dan menyulitkan, sehingga paling cocok adalah makan pakai sendok. Makan nasi padang pakai tangan atau sendok seperti mengingatkan kita dengan polemik makan bubur ayam di pagi hari, apakah makan dengan diaduk atau tidak diaduk. 

Melansir dari detikhealth, dr.Karin Wiradarma, MGizi,SpGk mengatakan bahwa tidak ada hubungan yang terlalu besar seseorang yang makan nasi padang dengan tangan atau sendok dengan kesehatannya, terkait asupan gizi. Namun biasanya orang yang makan dengan tangan biasanya menyebabkan nafsu makan tinggi dan asupan makan lebih banyak.

Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Sendok, Lebih Sehat yang Mana Ya (Detikcom)

Makan nasi padang dengan sendok atau tangan adalah sebuah kebiasaan. “Tapi ada orang yang makan lebih enak pakai tangan makannya bisa kebablasan jadi lebih banyak, atau mungkin orang agak risih makan pakai tangan sehingga makan pakai sendok, sebenarnya nggak masalah sih,” seru dr. Karin.

dr.Karin lebih fokus kepada soal kebersihan. Makan pakai tangan memang lebih nikmat tapi bagaimana dengan aspek kebersihannya. Apakah makan pakai tangan berarti kuman-kuman yang berada di tangan bisa cepat masuk ke dalam tubuh dibandingkan makan dengan sendok?

Tentu jika seseorang makan pakai tangan, diharuskan untuk mencuci tangan lebih dulu karena takut bisa mengirimkan kuman ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit. Termasuk orang yang makan nasi padang pakai sendok pun harus tetap mencuci tangan sebelum makan demi menjaga kebersihan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"