Ketika Presiden Jokowi Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19 Sinovac, Ribka Tjiptaning Justru jadi Orang Pertama Indonesia yang Menolak Vaksin

Ketika Presiden Jokowi Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19 Sinovac, Ribka Tjiptaning Justru jadi Orang Pertama Indonesia yang Menolak Vaksin

Rabu, 13 Januari 2021 Presiden Joko Widodo menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama Sinovac. Acara penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Momen ini menandari program vaksinasi di Indonesia sudah dimulai.

Sementara Presiden Jokowi menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Anggota DPR Komisi IX dari PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning malah membuat pernyataan kontroversial.

Dalam rapat kerja komisi IX, Selasa 12 Januari lalu yang dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Lukito, dan Direktur PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir tersebut. Ribka menyatakan dengan tegas menolak untuk divaksin Covid-19. Dia bahkan mengaku lebih memilih membayar denda daripada divaksin.

# Alasan Ribka Tjiptaning Menolak Divaksin

Presiden Jokowin menerima vaksin dosis pertama (news.detik.com)


Alasan Ribka menolak divaksin adalah karena ia masih meragukan vaksin Covid-19. Ia melihat beberapa pengalaman orang yang menjadi lumpuh sampai meninggal dunia usai divaksin. Contohnya vaksin kaki gajah di Majalaya yang menyebabkan 12 orang meninggal dan vaksin antipolio yang membuat sejumlah orang lumpuh di Sukabumi.

Ia bahkan rela harus bayar denda jika pemerintah daerah menetapkan aturan denda bagi yang menolak vaksin. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"