Kata Peneliti, Ada 5 Pekerjaan yang Bikin Seseorang Mudah Pikun Saat Tua: Apa Saja?

Kata Peneliti, Ada 5 Pekerjaan yang Bikin Seseorang Mudah Pikun Saat Tua: Apa Saja?

Yang namanya pekerjaan, pasti masing-masingnya punya resiko tersendiri. Namun ada beberapa tipe profesi yang punya resiko lebih tinggi dibandingkan profesi lainnya. 

Nah dari riset terbaru, biasanya orang yang bekerja menggunakan aktivitas fisik, akan berpotensi mengalami demensia dan gangguan kognitif. 

Menurut studi yang dilakukan tiga organisasi yakni Norwegian National Centre of Ageing and Health, Columbia Mailman School of Public Health, dan Butler Columbia Aging Center, pekerjaan selama muda terbukti bisa berpengaruh pada seseorang ketika tua.

Ilustrasi bekerja depan laptop (via alodokter)

"Bekerja secara konsisten dalam profesi dengan aktivitas fisik yang sedang atau tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan kognitif. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya strategi untuk setiap orang yang bekerja menuntut fisik untuk mencegah kerusakan kognitif," kata penulis penelitian.

Mereka juga mengatakan jika profesi yang menggunakan tangan dan kaki secara aktif, punya resiko mengalami penurunan daya ingat di masa depan.

Dan dari penelitian ini, bergerak selagi kerja juga memerlukan kemampuan berpikir yang sama buruknya dengan duduk selama 10 jam. Hal inilah yang membuat kondisi kian parah saat dilakukan pada usia matang. 

"Tuntutan fisik yang lebih tinggi di masa dewasa akhirnya sebelumnya sudah dikaitkan dengan volume hipokampus yang lebih kecil dan kinerja memori yang lebih buruk,"

"Begitu juga dengan orang-orang yang bekerja dalam profesi yang berbahaya secara fisik atau punya tuntutan yang tinggi secara psikologis atau fisik, dikombinasikan dengan kontrol pekerjaan yang rendah ditemukan memiliki kinerja yang lebih buruk pada tes kognitif di usia lanjut," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"