Janin usia 6 bulan adalah masa dimana perutmu akan mulai menonjol. Di usia ini, kamu akan mulai beradaptasi dengan banyak kondisi hamil. Lalu apa sih hal-hal yang mesti kamu lakuin kalo usia janin telah memasuki bulan ke 6? Begini ulasannya....

Janin usia 6 bulan merupakan periode kehamilan trisemester kedua. Bagi sebagian ibu hamil, perut akan terlihat sangat menonjol, sedangkan ada beberapa yang belum terlihat menonjol. Tapi, jangan khawatir, karena kondisi perut menonjol juga dipengaruhi oleh bentuk tubuh, berat badan, kekuatan otot pada dinding perut dan juga ukuran janin.

Saat janin usia 6 bulan, tubuh kamu juga akan mulai beradaptasi dengan perubahan-perubahan dan kondisi kehamilan. Kamu bisa akan lebih merasa nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari, meski dalam keadaan perut mulai membesar.

Nah, di janin usia 6 bulan ini, kamu juga bisa melakukan USG. Saat melakukan USG, kamu akan melihat posisi plasenta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya plasenta previa, yang dapat menimbulkan risiko pendarahan, baik pada janin ataupun ibu hamil. 

Karena saat janin usia 6 bulan ini benar-benar penting, kamu harus melakukan beberapa hal berikut:

1. Perhatikan asupan gizi

1. Perhatikan asupan gizi Ibu hamil makan-makanan bergizi (aladokter.com)

Tak hanya di saat janin usia 6 bulan, saat kamu sedang hamilpun, kamu harus memperhatikan asupan gizi. Saat janin usia 6 bulan hindarilah makanan yang memiliki kadar garam tinggi, makanan yang kadar sodiumnya tinggi, serta makanan yang berkalori atau lemak yang tinggi. Seperti, gorengan, junk food, kue-kue yang manis.

Konsumsilah sayur-sayuran hijau, jus dan makanan yang kaya vitamin C, makanan dengan vitamin A sebanyak 2700 UI, misalnya wortel ubi. Dan juga makanan yang mengandung vitamin B6, B9, dan B12, serta vitamin E.

2. Bersikap baik dan tepat pada perubahan tubuhmu

2. Bersikap baik dan tepat pada perubahan tubuhmu Ibu hamil yang sedang tidur (aladokter.com)

Saat janin usia 6 bulan, kamu harus menghentikan kebiasaan tidurmu yang tengkurap dan terlentang. Kamu sudah harus memuali tidur dengan menyamping. Karena akan baik untuk menghindari terjadinya heart burn.

3. Sering-seringlah membaca buku dan bicara

3. Sering-seringlah membaca buku dan bicara Calon orang tua berbicara dengan janin (kumparan.com)

Karena saat janin usia 6 bulan maka indra si kecil telah mulai aktif dan terbentuk. Maka, kamu bisa banget mulai sering-sering ajak si bayi di kandungan untuk bicara dan dibacakan buku.

Nah, demikianlah hal-hal penting yang harus dilakukan saat janin usia 6 bulan. Kalo kamu mengikuti petunjuk nutrisi yang seimbang, maka kemungkinan besar berat badanmu bisa sebanyak 7,2-9,9 dan rahim ada 6 cm di atas pusar.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations