Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Dampak Terlalu Banyak Tidur Untuk Kesehatan

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Dampak Terlalu Banyak Tidur Untuk Kesehatan

Tidur merupakan kebutuhan tiap manusia yang memang wajib dilakukan setiap hari. Setelah lelah seharian berkegiatan, bisa tidur lama tuh rasanya enak banget. Tapi jangan sampai kebablasan lho, soalnya kelamaan tidur juga nggak sehat. 

Menurut National Sleep Foundation, rekomendasi waktu tidur untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun itu antara 7-9 jam per hari.

Sesekali mungkin bisa lebih kalau kecapekan atau sempat kurang tidur sebelumnya. Tapi untuk hari-hari normal, ya sekitar segitu jam tidur yang normal untukmu. Jangan sampai kelebihan, apalagi tiap hari ya! 

Memang, apa aja sih dampaknya kalau kamu terlalu banyak tidur?

Terlalu banyak tidur (psychologytoday.com)

Sakit kepala

Tidur melewati batas waktu normal tuh bisa menyebabkan sakit kepala. Katakanlah dalam sehari kamu tidur lebih dari 10 jam, coba deh diingat-ingat lagi apakah kamu sering ngerasa pusing, migren, atau sakit kepala menyeluruh? Kalau iya, berarti masalahnya bisa jadi dari waktu tidurmu yang kebanyakan~ 

Obesitas

Tau nggak sih kalau orang yang tidurnya lebih dari 10 jam tiap malam tuh cenderung obesitas lho. Ini dibandingkan dengan orang yang tidurnya normal, antara 7-9 jam tiap malam. 

Terlalu banyak tidur (economictimes.com)

Sakit punggung

Saat kamu tidur lebih lama, masalah yang umum terjadi adalah sakit punggung. Meski masuk kategori istirahat, tetap aja tidur berlebihan itu nggak baik untuk kesehatan, gengs! Bukannya ngerasa fresh, yang ada bangun-bangun, badan jadi terasa pegal dan lelah. 

Kematian

Menurut penelitian, orang yang tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko kematian lebih tinggi lho! Memang orang yang tidurnya 7-9 jam per hari dinilai lebih sehat. Meski alasannya belum jelas, spekulasinya berkaitan dengan rendahnya status ekonomi dan depresi yang menyebabkan tingginya tingkat mortalitas atau jumlah kematian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"