Jangan Anggap Remeh! Pria Bisa Kena Kanker Payudara Lho, Berikut Gejala yang Dirasakan

Jangan Anggap Remeh! Pria Bisa Kena Kanker Payudara Lho, Berikut Gejala yang Dirasakan

Ternyata pria pun bisa kena kanker payudara. Jumlah kasus kanker payudara yang menyerang laki-laki ada 1%. Pada tahun 2015, terdapat sekitar 2.350 kasus baru kanker payudara pria. Sebanyak 440 pria tewas terkena kanker payudara ini. Karena jarang terjadi, pria cenderung lebih mengabaikan tanda-tanda peringatan dan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Dilansir Healthline, kanker payudara pria paling mungkin berkembang di saluran susu yang disebut karsinoma duktal. Sementara sejumlah kecil kanker payudara pria dimulai di kelenjar penghasil susu yang disebut karsinoma lobural. Meskipun begitu, pria harus lebih memperhatikan gejala apa yang mengintai pada pengidap kanker payudara. Berikut gejalanya.

Benjolan pada Payudara 

Jika kamu merasakan adanya benjolan di sekitar payudaramu, maka perlu diwaspadai karena hal ini menjadi gejala umum kanker payudara. Benjolan ini terjadi akibat penebalan pada jaringan payudara.

Benjolan bisa muncul di salah satu payudara atau keduanya. Benjolan akan terasa kenyal, tidak bergerak dan kadang tidak menimbulkan rasa sakit.

Pria Bisa Kena Kanker Payudara Lho, Berikut Gejala yang Dirasakan (businessnews)

Pembesaran Ukuran Salah Satu Payudara

Namun, jika ukuran kedua payudara pria membesar itu disebut ginekomastia. Kondisi ini bukanlah gejala kanker payudara, melainkan disebabkan oleh penambahan berat badan, obat-obat tertentu, penggunaan ganja atau minuman alkohol berlebihan.

Puting Nyeri

Gejala selanjutnya adalah kamu merasakan sakit di daerah puting. Rasa sakit ini meliputi nyeri ringan hingga ekstrim. 

Luka pada Puting atau Areola

Payudara yang tidak normal akan muncul kemerahan atau luka pada puting (Areola). Di kulit atas payudara juga akan terlihat kemerahan, kerak lesung atau perubahan lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"