Hentikan Kebiasaan Ngecek Hape Begitu Bangun Tidur, Kenapa? Ini Alasannya ...

Hentikan Kebiasaan Ngecek Hape Begitu Bangun Tidur, Kenapa? Ini Alasannya ...

Ngecek hape begitu bangun tidur adalah sebuah kepastian di jaman ini. Banyak di antara kita yang langsung nyariin hape begitu bangun tidur.

Entah sekadar ngeliat jam doang, tapi dilanjutin ngecek chat masuk, segala notifikasi media sosial, atau buka berbagai aplikasi lainnya yang ada di smartphone kita.

Ngecek hape begitu bangun tidur, hentikan kebiasaan ini gengs~ (rd.com)

Oke lah kalo emang ada notifikasi penting yang masuk. Tapi sebenernya, kebiasaan ngecek hape pas bangun tidur tuh gak baik gengs. Ini adalah kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada otak dan aktivitas kita sepanjang hari.

Penelitian menyebutkan bahw layar LED pada smartphone kita mengeluarkan 'cahaya biru'. Cahaya itu sebetulnya gak berwarna biru, tapi putih terang. Efeknya pun buruk buat penglihatan manusia.

IDC Research pun pernah melakukan studi terkait hal ini. Katanya, sekitar 80 persen orang memeriksa ponsel mereka setelah bangun tidur gengs. Kamu salah satunya ya?

Ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan gengs. Hentikan kebiasaan ngecek hape begitu bangun tidur, kenapa? Ini dia alasannya ....

#1 Bikin stres dan kecemasan meningkat

#1 Bikin stres dan kecemasan meningkat Kebiasaan ini tuh bikin stres dan meningkatkan kecemasan (telegraph.co.uk)

Kebiasaan ngecek hape begitu bangun tidur bisa bikin stres dan kecemasan pun meningkat. Hal ini terjadi karena rangsangan eksternal yang diberikan smartphone gak memberikan kita ruang dan waktu memulai hari dengan tenang.

Setelah ngecek hape untuk ngeliat e-mail masuk, cek WhatsApp, Telegram, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya ... kita gak bakal tenang. Kita akan berpikir bahwa hari itu kita bakal sibuk banget.

Kita bisa aja mengira kalo hari itu bakal melelahkan. Makanya gak heran kalo kita bakal stres dan cemas setelahnya. Tiba-tiba banyak pikiran aja gitu.

Hal ini juga diungkap melalui sebuah penelitian dari University of Gotheborg, Swedia. Peneliti melakukan riset kepada penggua smartphone berusia 20 tahunan. Lalu ditemukanlah bahwa pengguna ponsel yang tinggi berkorelasi pada peningkatan depresi. Baik pada cewek maupun cowok.

Jadi, kalo kamu pengin hari-hari kamu santuy dan woles, hentikan ngecek hape begitu kamu bangun tidur. Kamu gak bakal ngerasa terburu-buru, stres, atau cemas. Pikiran kamu bakal lebih rileks dan lebih siap sepanjang hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"