Gawat! WHO Peringatkan Disease X yang Disebut Lebih Ganas Dibandingkan Covid-19

Gawat! WHO Peringatkan Disease X yang Disebut Lebih Ganas Dibandingkan Covid-19

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Ghebreyesus belum lama ini mengingatkan kepada seluruh dunia mengenai penyakit disease X. 

Ia mengingatkan kepada seluruh pemimpin di dunia untuk berhati-hati karena akan ada kemungkinan terjadinya pandemi baru di masa mendatang. 

Tedros juga menyampaikan kepada para peserta World Government Summit di Dubai awal pekan ini bahwa peringatan serupa pada tahun 2018 mengenai pandemi kemungkinan besar akan terjadi, terbukti dengan merebaknya virus Corona COVID-19.

Ia juga menekankan adanya perjanjian global yang harus disepakati di bulan Mei yang disebut penting untuk kemanusiaan.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Ghebreyesus (via kompas)

"Hari ini saya berdiri di hadapan Anda setelah terjadinya COVID-19 dengan jutaan orang meninggal, dengan guncangan sosial, ekonomi, dan politik yang terus berlanjut hingga hari ini," kata Tedros, dikutip dari New York Post.

"Meskipun beberapa kemajuan telah dicapai, seperti perbaikan dalam pengawasan, Dana Pandemi, peningkatan kapasitas produksi vaksin, dunia belum siap menghadapi pandemi. Pelajaran menyakitkan yang kita pelajari kini terancam terlupakan seiring perhatian beralih ke banyak krisis lain yang dihadapi dunia kita," lanjutnya.

Menurutnya, apabila dunia tak berhasil mengambil pelajaran dari hal tersebut, maka beberapa negara akan membayar 'mahal' di lain waktu jika tak memiliki persiapan yang baik.

"Sejarah mengajarkan kita bahwa pandemi berikutnya adalah soal kapan, bukan bagaimana jika. Ini mungkin disebabkan oleh virus influenza, atau virus corona baru, atau patogen baru yang bahkan belum kita ketahui - yang kita sebut Disease X," lanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"