Gak Perlu Langsung Minum Obat, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengobati Pilek Secara Alami

Gak Perlu Langsung Minum Obat, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengobati Pilek Secara Alami

Musim hujan dan musim pancaroba seperti sekarang ini membuat tubuh rentan terhadap penyakit, salah satunya pilek . Pilek sendiri adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh rhinovirus. Biasanya, pilek tidak berbahaya dan bisa sembuh sendirina.  Infeksi ini masih bersifat ringan, sehingga kamu hanya perlu istirahat untuk memulihkan tubuh.

Tapi terkadang, kita cukup terganggu dengan ingus yang keluar dari hidung. Untuk menguranginya, kamu bisa melakukan perawatan rumah yang efektif mengurangi gejala pilek. Apa saja perawatan itu? Simak penjelasannya berikut ini yuk!

1.    Minum Air Hangat

Cara alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengobati pilek adalah minum air hangat. Cairan panas bisa melegakan hidung tersumbat, mencegahdehidrasi, dan menenangkan selaput yang meradang dan terasa tidak nyaman. Selain minum air hangat, mandi air hangat juga punya fungsi yang serupa. Uap yang timbul saat mandi air hangat dapat melembabkan saluran hidung serta membuat tubuh menjadi rileks.

2.    Jahe

Foto: Obat Pilek Alami (HaiBunda)

Tidak hanya berguna untuk masakan, jahe juga berpotensi menjadi obat pilek alami. Kegunaan rempah pedas hangat satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu untuk memperbaiki sistem imun tubuh bekerja lebih baik untuk mempercepat proses pemulihan penyakit. Jahe pun efektif untuk melemaskan otot saluran pernapasan dan melegakan hidung tersumbat sehingga bernapas lebih lancar. Selain itu, jahe juga mampu menangkal rasa mual akibat terus-terusan buang ingus atau dahak.

Jahe pun dapat mengembalikan stamina saat sedang tidak enak badan karena pilek. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu menyiapkan satu atau dua ruas jahe ukuran sedang lalu cuci sampai bersih. Kemudian geprek atau parut jahe. Setelahnya, rebus sampai mendidih. Saring air rebusan jahe tersebut dan minum selagihangat. Kamu pun bisa menambahkan perasan lemon, madu, atau larutan gula merah supaya air jahe lebih enak dinikmati.

3.    Garam

Selain jahe, garam juga termasuk bumbu masak di dapur yang bisa menjadi obat pilek alami. Potensinya pun sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berbagai laporan penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat membantu mencegah gejala pilek jadi semakin parah. Larutan garam juga bisa mencairkan lendir yang lengket dan menempel di dinding hidung serta tenggorokan.

Ini membuat kamu lebih mudah mengeluarkannya sebagai ingus ataupun dahak. Sementara untuk yang sehat, rutin berkumur air garam bisa membantu mencegah agar tidak tertular pilek dari orang lain. Caranya, larutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam selama beberapa detik dan buang airnya. Ingat, air bekas kumur-kumur jangan ditelan, ya!

4.    Oleskan Balsem di Bawah Hidung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"