Gak Mau Makin Kurus, Ini 5 Tips Agar Berat Badan Tidak Turun Saat Puasa

Gak Mau Makin Kurus, Ini 5 Tips Agar Berat Badan Tidak Turun Saat Puasa

Puasa  juga merupakan suatu tantangan bagi orang-orang yang memiliki tubuh kurus . Pasalnya, berubahnya waktu makan dari siang hari menjadi malam hari membuat mereka kehilangan berat badannya saat berpuasa. Padahal mungkin ada dari mereka yang sudah berusaha untuk menaikkan berat badannya. Lantas bagaimana cara supaya tidak semakin kurus ketika berpuasa? Berikut 5 tips agar berat badan tidak turun saat puasa.

1.    Tetap Makan Sehari Tiga Kali

Mungkin banyak dari kamu yang hanya akan makan besar saat berbuka dan sahur saja. Tapi sebenarnya, kamu bisa tetap makan tiga kali sehari walaupun puasa loh! Untuk kamu yang khawatir kalori tidak terpenuhi, kamu dapat membagi waktu makan menjadi saat berbuka, sehabis tarawih dan sahur. Yang perlu diperhatikan, kamu harus tetap memenuhi kalori dengan makanan bergizi ya!  

2.    Penuhi Kebutuhan Kalori dan Protein

Foto: Tips Berat Badan Tidak Turun (Grid.ID)

Seperti diketahui, kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan mencapai 2.000 kalori. Walaupun sedang puasa, jangan berpikir bahwa kamu perlu mengurangi kebutuhan kalori harianmu. Kamu bisa mendapatkan tambahan kalori dari susu, keju, alpukat hingga kacang-kacangan.

Selain kalori, kamu juga harus memenuhi kebutuhan protein. Konsumsi protein yang cukup bisa membantumu meminimalkan kehilangan massa otot. Protein juga dapat membantu menjaga nafsu makan. Adapun protein yang baik bisa kamu dapatkan dari ikan, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

3.    Tidur Cukup

Pola tidurmu tentu akan berubah saat puasa. Kamu perlu bangun lebih awal untuk sahur ataupun melakukan sholat tahajud. Meski begitu, hal ini bukan berarti kamu bisa membuat waktu tidurmu berkurang. Tidur sangatlah penting untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik dan mencegah berat badan turun. Jadi, tidur cukup sangatlah penting.

4.    Wajib Makan Sahur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"