Fakta Soal Gen Z yang Hobi Makan Sendiri, Ternyata Ini Manfaatnya

Fakta Soal Gen Z yang Hobi Makan Sendiri, Ternyata Ini Manfaatnya

Tak sedikit para gen Z yang saat ini begitu senang menghabiskan waktu sendiri dimana saja, termasuk ketika waktu makan. Ya, biasanya seseorang yang makan sendirian di tempat umum, merasa tidak percaya diri atau terasing. Namun kini, banyak orang yang justru memilih untuk makan sendirian.

OpenTable, perusahaan layanan reservasi restoran online mencatat, 60% pengguna memesan tempat untuk makan sendiri dalam 12 bulan terakhir.

Untuk Gen Z dan Milenial, persentasenya lebih banyak lagi. Ada 68% dari kalangan ini yang lebih suka makan sendirian.

Ilustrasi makan sendirian (via freepik)

"Ada anggapan yang tidak terucapkan bahwa makan sendirian berarti kesepian atau kurangnya koneksi sosial, yang mana banyak orang ingin menghindarinya. Tapi Maraknya gerakan kesehatan dan penekanan pada kesehatan mental telah mendorong masyarakat untuk memprioritaskan kebutuhan dan pengalaman mereka sendiri," jelas psikolog dan pakar diet Dr. Supatra Tovar, seperti dilansir Huffington Post.

Jika kamu termasuk orang yang senang menghabiskan waktu makan sendirian, maka kamu secara langsung akan mendapatkan beberapa manfaatnya seperti:

1. Mindful eating

Hal terbesar ketika kamu bisa makan sendirian adalah kamu bisa lebih fokus dengan makananmu. "Saat makan sendirian, kita memiliki kesempatan untuk melatih kesadaran, benar-benar fokus pada rasa, tekstur, dan pengalaman makan tanpa gangguan dari luar," ujar Dr Supatra.

Menurutnya, ketika seseorang makan sendiri, maka orang tersebut bisa fokus untuk memperbaiki hubungannya dengan tubuhnya sendiri. sehingga hal ini bisa mendukung pada kesehatan.

2. Lebih mandiri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"