Deretan Manfaat Saffron, Rempah Berharga yang Harganya Mencapai Ratusan Juta

Deretan Manfaat Saffron, Rempah Berharga yang Harganya Mencapai Ratusan Juta

Pernahkah kamu mendengar tentang manfaat saffron? Sebagian besar masyarakat sudah mulai familiar dengan rempah ini karena dipercaya membawa banyak manfaat. Namun bukan bahan herbal biasa, saffron dikenal sebagai rempah termahal karena harganya bisa mencapai Rp150 juta per kilo? Wow!

Saffron, atau dikenal dengan zafaran, adalah rempah berharga yang telah dikenal selama ribuan tahun untuk kegunaannya dalam masakan, pengobatan, dan pengobatan tradisional. Diperoleh dari stigma bunga Crocus sativus, saffron memiliki rasa dan aroma yang khas serta warna yang mencolok, menjadikannya salah satu bahan yang paling dicari di seluruh dunia.

Lalu apa saja manfaat luar biasa saffron yang dipercaya dapat memberikan dampak positif pada kesehatan? Apakah sepadan dengan harganya yang luar biasa selangit? Berikut beberapa khasiat yang dilaporkan oleh Healthline:

1. Pengobatan Tradisional untuk Berbagai Kronis

Manfaat Saffron (via Kompas)

Saffron telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan berbagai masalah kesehatan. Dalam beberapa penelitian, saffron telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Bagi penderita diabetes, saffron dipercaya dapat membantu dalam pengaturan gula darah. Penelitian awal menunjukkan bahwa saffron dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin, yang penting dalam pencegahan diabetes tipe 2.

Selain itu, dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dimilikinya, saffron dapat membantu melindungi jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa saffron dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

2. Memelihara Kesehatan Mata



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"