Daftar Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Sudah Ada di Rumahmu?

Daftar Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Sudah Ada di Rumahmu?

Tanaman dalam rumah yang bermanfaat bagi kesehatan ada bermacam-macam. Kebanyakan berfungsi sebagai penyaring udara dari partikel-partikel kimia yang ada di dalam rumah, misalnya saja aerosol dari semprotan obat nyamuk.

Memiliki tanaman dalam rumah, selain membuat suasana lebih hidup dan mempercantik ruangan, juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Karena itu, yuk ketahui beragam tanaman dalam ruangan yang bermanfaat berikut ini:

1. Lidah Buaya

Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan (via Magiclean)

Tanaman yang bisa kamu letakkan dalam ruang dan bermanfaat bagi kesehatan salah satunya adalah lidah buaya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari lidah buaya, selain melembapkan kulit, lidah buaya juga mampu menutrisi rambut.

Selain itu, lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang dapat membersihkan udara. Tanaman ini mampu menyaring partikel-partikel kimia yang dilepaskan cat tembok atau produk kimia di dalam rumah sehingga udara menjadi lebih bersih.

2. Lidah Mertua

Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan (via Kompas)

Lidah mertua atau sanseviera adalah tanaman hias yang pernah hits di Indonesia beberapa tahun lalu. Tanaman ini juga disebut sebagai snake plants karena bentuknya yang panjang dan meliuk.

Lidah mertua diminati sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyaring udara sehingga meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

3. Peace Lily

Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan (via IDN Times)

Tanaman dalam ruangan yang bermanfaat berikutnya adalah peace lily. Dalam sebuah studi pada tahun 2022 yang diterbitkan di Applied Sciences menunjukkan bahwa peace lili memiliki sifat pembersih udara dan membantu menghilangkan karbon dioksida dan senyawa organik yang mudah menguap di udara.

4. Pakis Boston

Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan (via Kompas)

Tanaman selanjutnya adalah Pakis boston. Masih dalam keluarga pakis, pakis boston adalah salah satu jenis yang paling sering ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mudah dirawat dan dapat berfungsi sebagai penyaring udara. Daun pada tanaman ini mampu menyaring debu serta partikel-partikel berbahaya lain di udara seperti asam rokok dan sebagainya.

5. Daun Janda Bolong

Tanaman dalam Ruangan yang Bermanfaat bagi Kesehatan (via Kompas)

Berikutnya ada daun janda bolong. Tanaman satu ini memiliki nama latin Monstera. Di Indonesia, jenis yang paling diminati sebagai tanaman hias indoor adalah Monstera Deliciosa. Sama seperti tanaman yang lain, tanaman ini disebut efektif sebagai penyaring udara sehingga bisa memberikan kualitas udara yang lebih baik di rumah.

Itulah tanaman dalam ruangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain bermanfaat, perawatan tanaman tersebut juga tergolong mudah, sehingga kamu juga bisa merawatnya di dalam rumah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"